KegiatanLingkungan HidupTata Ruang

Wawancara dengan The Jakarta Post terkait Perkembangan Green Building di DKI Jakarta

20170908_093438

Jakarta, 8 September 2017.  Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menerima audiensi dari  wartawan The Jakarta Post, dalam pertemuan ini pihak The Jakarta Post berdiskusi dan bertanya kepada DepGub TRLH  terkait perkembangan Green Building di DKI Jakarta. Kota Jakarta dipandang sebagai salah satu kota metropolitan negara berkembang yang dapat menjadi contoh (centre of excellence) penerapan konsep Bangunan Gedung Hijau.

DepGub TRLH menyampaikan bahwa Kota Jakarta, sebagai ibukota negara sudah sepatutnya menyajikan proyek percontohan kepada kota-kota lainnya terkait wacana Green Building. Pada tahun 2010, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum telah merintis suatu pilot project green building di Indonesia dengan pembangunan Gedung Utama Kementerian Pekerjaan Umum.  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyadari pentingnya implementasi pembangunan Bangunan Gedung Hijau (BGH) dengan mengeluarkan Peraturan Gubernur No. 38 Tahun 2012 tentang Bangunan Gedung Hijau yang berupa regulasi penerapan konsep hemat energi, hemat air dan ramah lingkungan dalam bangunan gedung.

Disampaikan juga bahwa, Komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan penghematan energi terkait pembangunan gedung baru diwujudkan melalui adanya Komitmen “Jakarta 30:30” yang memiliki target untuk menurunkan emisi gas CO2, serta melakukan konservasi energi dan air sebesar 30% pada tahun 2030. Hal yang paling menarik bagi kota lain bahwa komitmen ini dibangun melalui pendekatan kolaborasi diantara para pemangku kepentingan. DepGub TRLH juga menyampaikan bahwa, Pemprov DKI Jakarta memiliki forum BGH yang rutin dilaksanakan setiap 1 bulan sekali, pertemuan ini mengakomodir masukan-masukan dari para stakeholders agar dapat melibatkan mereka untuk dapat mengimplementasikan konsep BGH. selain itu, Pemprov DKI juka akan melakukan Peninjauan Kembali Peraturan Gubernur No. 38 Tahun 2012 tentang Bangunan Gedung Hijau diantaranya dengan menambahkan skema insentif dan disinsentif untuk meningkatkan minat dari para pemangku kepentingan dalam mengimplementasikan peraturan bangunan gedung hijau.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap
Baca juga :  Jakarta Geopolitical Forum (JGF) 2017

 

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button