Kliping

Dinas KPKP Targetkan 77 Lokasi Gang Hijau

Dinas KPKP targetkan 77 lokasi gang hijau

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan melakukan penghijauan di 77 gang di lima wilayah kota pada tahun ini.

“Kita berikan pembekalan materi kepada warga calon gang hijau 2017 dan warga gang hijau 2016 “

Untuk merealisasikannya, warga di masing-masing lokasi tersebut didorong melakukan budidaya tanaman menggunakan sistem potisasi dan hidroponik.

Pinjaman Online

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, pemanfaatan lahan sempit untuk budidaya tanaman tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan. Tapi juga dapat meningkatkan ketahanan pangan.

“Kita berikan pembekalan materi kepada warga calon gang hijau 2017 dan warga gang hijau 2016.  Mereka kita bina mengembangkan urban farming,” katanya, Rabu (2/8).

Dia memaparkan, materi yang diberikan kepada warga antara lain tentang pemanfaatan lahan pekarangan dan lingkungan, memanfaatkan lahan sempit dengan budidaya tanaman menggunakan sistem potisasi dan hidroponik untuk ketahanan pangan keluarga, pemanfaatan pupuk hayati, pengenalan handsprayer dan cara penggunaannya, urban farming dan kesehatanku serta sosialisasi pelayanan klinik tanaman.

Tidak hanya dibekali materi dan pelatihan urban farming, warga calon gang hijau 2017 dan gang hijau 2016 juga diberikan bantuan handsprayer, rak tanaman, gunting stek, selang air, polybag, pot plastik, media tanam, tanaman produktif, tananan toga, benih dan bibit sayuran.

Selain itu, Dinas KPKP juga menyiapkan petugas penyuluhan pertanian tingkat kota untuk melakukan pendampingan proses penghijauan gang di masing-masing wilayah.

“Tahun 2017 kita targetkan 75 lokasi ditambah dua permintaan Bank Indonesia perwakilan DKI yang menjadi CSR dalam membantu pengembangan urban farming,” tandasnya.

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button