Kliping

20 RPTRA Akan Dibangun di Jaksel hingga Akhir 2017

Fasilitas bermain yang tersedia di RPTRA Kemuning, Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.(Erwin Hutapea)
Fasilitas bermain yang tersedia di RPTRA Kemuning, Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.(Erwin Hutapea)

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun 20 ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) di Jakarta Selatan secara serentak. Kepala Suku Dinas Perumahan dan Gedung Pemda Kota Administrasi Jakarta Selatan M Yaya Mulyarso mengatakan ke-20 RPTRA itu saat ini sudah tahap awal pembangunan.

“Semua menggunakan dana APBD, anggarannya kurang lebih sebesar Rp 29 miliar,” ujar Yaya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/8/2017).

Sebanyak 20 RPTRA itu dibangun di dua Kecamatan Pesanggrahan, tiga RPTRA di Kebayoran Lama, dua RPTRA di Kecamatan Tebet, satu RPTRA di Pancoran, dan dua RPTRA di Kecamatan Tebet.

Kemudian tiga RPTRA akan dibangun di Kecamatan Pasar Minggu, enam RPTRA di Kecamatan Jagakarsa, satu RPTRA akan dibangun di Menteng Atas, Setiabudi.

Pinjaman Online

Pembangunan RPTRA ditargetkan selesai pada Desember 2017.

“Yang di Jalan Wika RT 011 RW 07 Srengseng Sawah, Jagakarsa, sudah memasang bedeng guna memulai pembangunan RPTRA tersebut,” ujar Yaya.

(baca: Warga Tanjung Duren Utara Protes Pembangunan RPTRA)

Yaya mengatakan konsep pembangunannya sama seperti RPTRA lain di Jakarta Selatan. Pasalnya, luas lahan ke-20 RPTRA itu sekitar 1.000-2.000 meter persegi.

“Semuanya lahan pemda, untuk fasilitasnya nanti disesuaikan dengan luas lahannya, tidak seperti di RPTRA Kalijodo, di RPTRA Kalijodo itu dapat pengecualian karena lahannya luas bekas penggusuran,” ujar Yaya.

Kepala Unit Pelaksana (UP) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Jakarta Selatan M Subhan mengatakan perizinan pembangunan 20 RPTRA itu sedang diproses.

“Baru tiga perizinan pembangunan yang kami terbitkan, yaitu pembangunan RPTRA di Jalan Rawa Papan, Pesanggrahan; Jalan Peninggaran Timur, Kebayoran Lama; dan Jalan Simpang Tiga Kalibata, Pancoran,” ujar Subhan.

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button