Kliping

17 Stasiun Konektivitas Antar-Moda Rampung Akhir 2017

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menaiki kereta commuter menuju Stasiun Manggarai, Minggu (23/7/2017).(Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menaiki kereta commuter menuju Stasiun Manggarai, Minggu (23/7/2017).(Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com)

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan 17 titik di Jakarta yang akan dikembangkan konektivitas antar-modanya bakal rampung akhir 2017 ini.

“Kalau bisa semuanya, ketujuh belasnya itu selesai akhir tahun ini. Nanti kami akan siapkan fasilitas pendukungnya supaya penumpang turun tidak harus jalan kaki begitu jauh,” kata Edi saat ditemui di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (23/7/2017).

Upaya integrasi antar-moda tersebut dilakukan sebagai bentuk realisasi harapan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang menginginkan agar masyarakat, khususnya pengguna transportasi publik memiliki waktu berangkat dan pulang tepat waktu.

“Kami ingin penumpang dari satu moda ke moda lainnya pergerakannya efisien dan akan segera kami desain secara baik untuk itu,” ungkap Budi Karya.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Maka dari itu, Budi Karya juga kemudian meminta agar PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Transjakarta untuk bisa membuat lebih banyak konsep antar moda seperti yang ada di Stasiun Tebet.

“Saya pikir secara konsep, antar moda ini memang harus dibuat dan saya minta DKI dan Kereta Api duduk sama-sama membahas konsep transit oriented development (TOD) agar digarap secara baik,” jelasnya.

Baca: Menhub: Ada 17 Titik Antar Moda yang Siap Dikembangkan di Jakarta

Terkait hal tersebut, Edi mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta, tetapi baru sebagian.

“Sejauh ini sudah komunikasi terus tapi tidak untuk seluruhnya hanya case per case tapi sebetulnya sudah ada MoU dan kerja sama antara kami dan Pemprov DKI yang ditandatangani pada zaman Pak Jokowi dan Pak Jonan dulu,” tuntas dia.

Baca juga :  Serapan Anggaran Dinas KPKP Capai 14,92 Persen

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button