KegiatanLingkungan HidupTata Ruang

Kunjungan ke Jakarta Smart City Lounge

DSC04982

Jakarta, 9 Juni 2017.

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup didampingi oleh Asisten Deputi Bidang Tata Ruang, Asisten Deputi Bidang Lingkungan Hidup, dan beberapa staff kedeputian melakukan kunjungan ke kantor Jakarta Smart City. Kunjungan ini disambut secara langsung oleh Kepala UPT Jakarta Smart City dari Dinas Komunikasi Informasi dan Statistika. Kepala UPT Jakarta Smart City kemudian memberikan paparan dan dilanjutkan dengan diskusi.

Jakarta Smart City adalah pengaplikasian konsep smart city yang mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengetahui, memahami, dan mengontrol berbagai sumber daya di suatu kota dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat memaksimalkan pelayanan publik, menyediakan solusi untuk masalah, dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Pinjaman Online

Jakarta Smart City memiliki visi untuk menjadikan Jakarta Baru yang efisien dan inovatif. Visi ini dijabarkan ke dalam misi untuk mewujudkan Jakarta Baru yang informatif, transparan, serta mendukung kolaborasi menggunakan teknologi untuk pelayanan publik yang lebih baik.

Konsep smart city di Jakarta dibuat berdasarkan 6 pilar: Smart Governance, Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy, dan Smart Environment. Smart city harus bermanfaat untuk seluruh masyarakat sehingga mereka bisa mendapatkan hidup yang lebih baik. Dengan smart city, data disajikan dengan lebih transparan.

Selain itu, smart city meningkatkan partisipasi warga seperti membuat data, aplikasi, memberikan masukan, dan memberikan kritikan. Sehingga kota ini menjadi kota yang pintar karena melibatkan warganya, melibatkan pemerintahnya, kekuasaannya, uangnya, dan ruangannya untuk menjadikan semua kehidupan lebih baik.

 

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button