KegiatanLingkungan HidupTata Ruang

Rapat Persiapan Rencana Kampanye Hemat Energi pada Green Building dengan CoAction Indonesia dan SKPD Terkait

IMG-20170606-WA0000

Jakarta 6 Juni 2017.  Sesuai visi kota Jakarta sebagai kota  yang ramah lingkungan, Pemprov DKI terus menyosialisasikan penerapan konsep bangunan hijau (green building). Penerapan konsep ini dinilai efektif dalam melakukan penghematan energi dan penyelamatan lingkungan dari efek pemanasan global.

Konsep green building sendiri didesain untuk penghematan energi listrik, penggunaan air yang bisa didaur ulang, dan pemanfaatan limbah sesuai dengan kaidah-kaidah lingkungan. Karena itu, pengunaan bahan bangunannya pun diupayakan menggunakan bahan eco-friendly (ramah lingkungan), agar banyak masyarakat yang turut perduli akan manfaatnya konsep GreenBuilding, Pemprov DKI Jakarta yang telah memiliki Rusunawa Daan Mogot sebagai Pilot Project GreenBuilding dengan difasilitasi oleh CoAction, akan membuat program kampanye hemat energi dari sisi finansial. Program ini akan dimasukkan juga dalam Working Group 4 dari Grand Design Green Building.

Working Group 4 bertugas untuk Mengkoordinasikan dan mendorong peran semua pemangku kepentingan terkait untuk berkontribusi secara optimal guna mendukung Komitmen 30:30. SKPD Kordinator untuk WG 4 adalah Diskominfotik dengan co-kordinator dari Dinas KDH-KLN.  Peningkatan Partisipasi Publik melalui: (i) Sosialisasi, Lokakarya, Seminar, Penunjukan Duta Bangunan Gedung Hijau (Green Building Champions) Sosial Media Resmi BGH Jakarta. Sosialisasi melalui berbagai media yang dikelola Dinas Kominfotik, yakni berita melalui website beritajakarta.com; banner pada website yang dikelola Dinas Kominfotik; majalah Media Jaya; Videotron; dialog TV dan Radio; Iklan Layanan Masyarakat; Media Sosial ( Akun yang dikelola Dinas Kominfotik); (ii) Penunjukkan 2 Gedung (Balaikota dan Gedung Dinas CKTRP) untuk mengikuti Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) yang diselenggarakan oleh KESDM.

Pinjaman Online

Pada pertemuan sebelumnya (26 Mei 2017), CoAction Indonesia telah menyatakan keinginannya dalam membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengkampanyekan program hemat energi yang akan diintegrasikan dalam Bangunan Gedung Hijau (BGH).

Rapat dipimpin oleh Asisten Deputi Bidang Tata Ruang dengan dihadiri oleh Unsur dari KESDM, Dinas CKTRP, BPTSP, DPE, DLH, GBCI.

Target dan rencana kampanye yang lebih mengerucut,  penetuan target, audience dari kampanye yang jelas, pemetaan kontribusi dari bangunan pemerintah yang bisa dikategorikan sebgai BGH, identifikasi calon campaigner, akan dibahas kembali pada Rapat Pleno WG GDGB yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2017.

 

IMG-20170606-WA0003 IMG-20170606-WA0005

 

 

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button