Kliping

Diresmikan 22 Juni, Transjakarta Koridor 13 Belum Dilengkapi Lift

Uji coba pengoperasian layanan bus transjakarta koridor 13 (Tendean-Ciledug), Jakarta, Senin (15/5/2017). Jalur transjakarta sepanjang 9,3 kilometer ini akan dilengkapi 12 halte dan direncanakan beroperasi mulai Juni 2017. (KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)
Uji coba pengoperasian layanan bus transjakarta koridor 13 (Tendean-Ciledug), Jakarta, Senin (15/5/2017). Jalur transjakarta sepanjang 9,3 kilometer ini akan dilengkapi 12 halte dan direncanakan beroperasi mulai Juni 2017. (KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, halte di koridor 13 yang melayani rute Kapten Tendean-Ciledug belum dilengkapi operasional lift pada saat diresmikan pada 22 Juni 2017 mendatang.

Sebab, belum ada bangunan yang berfungsi untuk mengantisipasi jika lift bermasalah.

“Lift kami udah tidak mungkin kejar 22 Juni. Setelah berkonsultasi dengan pihak expert, memang memasang lift langsung untuk ketinggian 22 meter itu enggak bisa pasang lift, (lalu) selesai,” ujar Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (29/5/2017).

Berdasarkan masukan dari ahli, Budi menyebut harus ada bangunan yang dimaksudkan untuk keamanan penggunanya jika lift bermasalah. Saat ini, bangunan yang dimaksud belum ada.

Pinjaman Online

Baca: Penerangan Jalan Transjakarta Koridor 13 Ditargetkan Juni-Juli 2017

“Jadi itu mesti dibikin dulu bangunan yang kira-kira men-support supaya pada saat lift-nya ada trouble, masih bisa ada jalan keluar buat safety,” kata Budi.

Selain lift, lampu penerangan jalan di koridor 13 juga belum dapat dipastikan selesai dipasang pada saat diresmikan bulan depan.

Pemasangan lampu penerangan jalan ditargetkan selesai pada akhir Juni atau Juli 2017. Namun, penerangan tersebut tidak akan menghambat operasional transjakarta.

Selain pemasangan lampu penerangan, PT Transjakarta juga masih menyelesaikan sejumlah persiapan, salah satunya kelengkapan di halte transjakarta.

Baca: Menjajal Koridor 13 Transjakarta Ciledug-Tandean…

Selain itu, petugas juga masih memperbaiki kesalahan-kesalahan minor di halte transjakarta. Kesalahan-kesalahan tersebut diupayakan selesai diperbaiki sebelum 22 Juni 2017.

“Ini simpel-simpel yang bisa kami beresin dalam tempo hampir sebulan ini,” ucap Budi.

Transjakarta koridor 13 memiliki panjang 9,3 km yang akan berintegrasi dengan sejumlah moda transportasi darat lainnya seperti mass rapid transit (MRT). Koridor 13 mulai dibangun pada 2014.

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button