KegiatanLingkungan HidupTata Ruang

Jakarta Geopolitical Forum (JGF) 2017

IMG-20170519-WA0008

Dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-52 yang jatuh setiap tanggal 20 Mei, Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menyelenggarakan Jakarta Geopolitical Forum (JGF) 2017. Kegiatan itu merupakan forum seminar internasional yang akan dihadiri oleh komunitas akademik, riset, dan kajian di bidang geo-politik. Kegiatan ini berlangsung pada 18 Mei hingga 20 Mei 2017.

Seminar akademik yang bertajuk “Geopolitics in a Changing World” itu akan mengangkat sejumlah isu penting dalam konteks geopolitik, antara lain perdamaian dan keamanan global, ekonomi, perubahan iklim, terorisme, ekstremisme, radikalisme, pencari suaka, dan migrasi. Sejumlah pakar dari berbagai negara akan terlibat dalam forum ini.

Forum akademik ini menjadi ajang pertemuan para pakar dan akademisi untuk saling bertukar perspektif tentang isu di bidang geopolitik, membahas dinamika politik global dalam konteks geografis, dan maknanya untuk negara masing-masing, termasuk Indonesia.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Kegiatan itu  dihadiri oleh sejumlah tokoh pemerintahan Tanah Air serta komunitas akademik dan pakar dari berbagai belahan dunia, seperti Indonesia, Amerika Serikat, China, Rusia, Jepang, Inggris, Turki, Kanada, Australia, Austria, Singapura, Prancis, Mesir, PBB, dan Uni Eropa. sejumlah isu politik global terkini dibahas didalam forum ini, mengupasnya dari sudut pandang kepakaran dan negara asal masing-masing, dan memproyeksikan solusi pemecahan masalah untuk negara asalnya.

Pelaksanaan kegiatan ini bertepatan dengan mencuatnya sejumlah isu politik internasional yang hangat menjadi agenda diskusi pemerintah dan masyarakat dunia. Sejumlah isu itu antara lain, mencuatnya haluan politik populisme dan ekstrem-nasionalisme di sejumlah negara di Amerika, Asia, dan Eropa, isu ‘One Belt, One Road’ China, radikalisme, ekstremisme, dan pluralisme agama, serta isu pengungsi dan pencari suaka.

Baca juga :  Rapat Persiapan World Cities Summit

IMG-20170519-WA0009

Asisten Deputi Bidang Lingkungan Hidup turut menghadiri forum ini.

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button