Kliping

Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakpus Gelar Uji Emisi Gratis di Tugu Proklamasi

Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat menggelar uji emisi gratis kendaraan bermotor di Kawasan Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017).(Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com)
Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat menggelar uji emisi gratis kendaraan bermotor di Kawasan Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017).(Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com)

JAKARTA, KOMPAS.com – Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat menggelar uji emisi gratis kendaraan bermotor di kawasan Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017).

Uji emisi yang dilakukan sejak pukul 8.00 hingga 14.00 WIB tersebut dilakukan pada kendaraan-kendaraan pribadi dan kendaraan umum seperti taksi yang melintas di Kawasan Tugu Proklamasi.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan evaluasi udara perkotaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mengetahui kualitas udara DKI Jakarta khususnya Jakarta Pusat,” kata Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat Evi Sulistyowati, di Tugu Proklamasi Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Uji emisi kali ini dibedakan antara kendaraan berbahan bakar bensin dan solar. Dalam prosesnya, Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat tidak memaksa para pengguna kendaraan untuk uji emisi gas buang mobilnya.

Pinjaman Online

Baca: Hanya Kendaraan yang Lolos Uji Emisi Boleh Parkir di Kantor DLH DKI

Untuk mempermudah kegiatan, Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat mendapatkan bantuan dari personel kepolisian dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang bertugas mengatur lalu lintas dan mengatur mobil-mobil yang akan diuji emisinya.

“Dishub di sini bertugas memberhentikan mobil-mobil box, sedangkan kepolisian menyetop mobil-mobil pribadi termasuk taksi,” ujar Evi.

Uji emisi merupakan satu dari tiga kegiatan evaluasi udara perkotaan. Dua kegiatan lainnya yang disebutkan Evi adalah pengukuran kepadatan lalu lintas dan pengukuran kualitas udara ambien.

Untuk hari pertama ini, pengukuran kepadatan lalu lintas dan kualitas udara ambien dilakukan di depan Museum Naskah Proklamasi.

“Hari kedua besok ada di Medan Merdeka Utara untuk uji emisinya dan uji kepadatan lalin serta pengukuran kualitas udara di depan Balai Kota,” jelas Evi.

Sementara itu, untuk hari ketiga atau lusa uji emisi di depan Pintu 1 GBK, kemudian uji kepadatan dan kualitas udara di depan Gedung TVRI.

Artikel terkait

Leave a Reply

Cek juga
Close
Back to top button