Kliping

Terminal T3 Internasional Segera Dibuka, Konter Imigrasi Disiapkan

Tampak bangunan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang akan digunakan untuk penerbangan internasional, Selasa (28/3/2017). Pihak Kementerian Perhubungan menargetkan 1 Mei 2017 bangunan ini akan diisi oleh penerbangan internasional dari maskapai Garuda Indonesia.(KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA)
Tampak bangunan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang akan digunakan untuk penerbangan internasional, Selasa (28/3/2017). Pihak Kementerian Perhubungan menargetkan 1 Mei 2017 bangunan ini akan diisi oleh penerbangan internasional dari maskapai Garuda Indonesia.(KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA)

Tangerang, KOMPAS.com – Jelang pengoperasian Terminal 3Internasional Bandara Soekarno-Hatta pada 1 Mei 2017, PT Angkasa Pura II menyiapkan puluhan konter imigrasi dan autogate di pintu keberangkatan maupun kedatangan. Hal itu dilakukan guna mengakomodasi layanan pemeriksaan penumpang rute internasionalGaruda Indonesia, satu-satunya maskapai yang baru menempati terminal tersebut.

Baca juga: 1 Mei, Penerbangan Internasional Garuda Indonesia Pindah ke Terminal 3

“Ada 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter di keberangkatan dan kedatangan,” kata Direktur Operasional dan Teknik PT Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo kepada wartawan, Kamis (27/4/2017).

Selain 64 konter imigrasi yang siap beroperasi per 1 Mei nanti, ada juga 32 autogate dengan rincian 17 autogate di pintu kedatangan dan 15 autogate di pintu keberangkatan. Autogate merupakan sarana pemeriksaan keimigrasian melalui pintu perlintasan otomatis yang akan keluar dan masuk wilayah Republik Indonesia.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Pemeriksaan imigrasi melalui autogate dapat lebih cepat karena cukup dengan memindai paspor dan sidik jari yang tersedia pada peralatan autogate.

“(Sebanyak) 32 autogate ini baru akan beroperasi pertengahan Mei,” kata Djoko

Fasilitas lain yang juga akan disiapkan adalah 12 unit mesin x-ray dan dua body scanner di security check point (SCP).

Airside Terminal 3 Internasional juga disebut dapat ditempati untuk parkir tiga unit pesawat berbadan besar atau wide body seperti Airbus.

Pada fase awal operasional Terminal 3 Internasional Soekarno-Hatta, baru Garuda Indonesia yang melayani penerbangan dari sana. Nantinya, secara bertahap, semua maskapai penerbangan internasional akan pindah ke Terminal 3.

Penerbangan internasional yang tadinya dipusatkan di Terminal 2 akan ditempati oleh maskapai penerbangan domestik. Untuk jangka panjang, bangunan Terminal 1 dan Terminal 2 akan direvitalisasi dan ditempati semua maskapai penerbangan domestik.

Baca juga :  Rusun DP 0 Rupiah, DP Ditalangi Bukan Disubsidi

Saat ini, Terminal 3 baru ditempati oleh Garuda Indonesia untuk penerbangan domestik. Beberapa pengerjaan masih dilakukan di sebagian bangunan Terminal 3 untuk persiapan operasional penerbangan internasional secara penuh.

Artikel terkait

Leave a Reply

Cek juga
Close
Back to top button