KegiatanLingkungan Hidup

Pertemuan dengan Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH)

IMG-20170426-WA0006

Jakarta, 26 April 2017. Kedeputian Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup melakukan pertemuan dengan  Tim dari Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH).   Pada peretemuan tersebut IUWASH menampilkan Peta Tematik Kepadatan RTM yang menggunakan jamban sendiri menurut kelurahan, Jumlah RTM yang menggunakan Jamban Umum.  IUWASH akan melakukan riset prilaku rumahtangga yang tidak memiliki Jamban sendiri dengan melakukan survei rumah tangga sample sebanyak 10 RTM di 24 Kelurahan di DKI Jakarta.

Pada pertemuan tersebut, Deputi  TRLH meminta agar IUWASH menambahkan peta tematik kelurahan yang dilewati sungai dengan tingkat keparahan tidak memiliki jamban. Deputi TRLH menjelaskan bahwa perlu aksi  penelusuran Sungai dari ujung ke ujung dan akan fokus utama pada kelurahan yang dialiri sungai dengan penggunaan Jamban yang parah.  Menurut Deputi TRLH Peta tematik ini akan bermanfaat sebagai panduan PAL JAYA untuk menentukan daerah yang akan dibangun sistem perpipaan, mana yang duluan masuk jaringan. Tahun prioritas Zona Daerah hijau PDPAL yaitu 2021-2020, 2031-2050. Perlu untuk melayani daerah-daerah yang parah penggunaan Sanitasi namun menjadi wilayah dengan tahun transisi .

Kedeputian Tata Ruang dan Lingkungan Hidup akan menindaklanjuti pertemuan ini dan akan mengundang  SKPD (Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sumber Daya air, PAL, PAM).

Pinjaman Online

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button