Kliping

Mempercantik RPTRA dan Rusun dengan Mural

Seorang seniman mural yang tengah menghiasi dinding Rusunawa, Jatinegara Barat, Jakarta Timur, Minggu (12/3/2017). Kegiatan menghias RPTRA dengan mural diinisiasi oleh komunitas Artsip Jakarta.
Seorang seniman mural yang tengah menghiasi dinding Rusunawa, Jatinegara Barat, Jakarta Timur, Minggu (12/3/2017). Kegiatan menghias RPTRA dengan mural diinisiasi oleh komunitas Artsip Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kegiatan mempercantik ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) dan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) dengan seni mural telah resmi dimulai pada Minggu (12/3/2017) kemarin.
Pada tahap pertama, setidaknya ada 25 lokasi RPTRA dan rusunawa di Jakarta yang mulai dipercantik dengan mural. Salah satunya di RPTRA Kecapi yang berlokasi di Jalan Kebagusan IV, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Saat Kompas.com menyambangi lokasi tersebut pada Minggu sore, dinding-dinding di beberapa titik tampak sudah dipenuhi berbagai gambar maupun tulisan khas seni mural.

Dengan berbekal kuas dan cat lukis, sampai sekitar pukul 18.00, sejumlah seniman mural tampak masih sibuk menyelesaikan gambar hasil karyanya. Penanggung jawab RPTRA Kecapi, Yulia, mengatakan sebagian seniman yang dilibatkan adalah remaja sekitar lokasi RPTRA.

Mereka adalah orang-orang yang terpilih berdasarkan workshop yang diadakan komunitas yang menjadi inisiator kegiatan tersebut, yakni Artsip Jakarta.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

“Ada enam terbaik yang dipilih,” ujar Yulia.

Menurut Yulia, kegiatan mempercantik Mural di RPTRA Kecapi sudah dimulai sejak sekitar pukul 10.00. Kegiatan tersebut juga melibatkan langsung para seniman dari Artsip Jakarta.

“Awalnya seniman aslinya yang menggambar, terus mereka yang melanjutkan,” ujar Yulia.

Tidak hanya di RPTRA Kecapi, kegiatan serupa juga berlangsung di Rusunawa Jatinegara Barat, Jakarta Timur.

Seperti di RPTRA Kecapi, tak ada gambar dengan tema khusus. Para remaja yang dilibatkan diberi kebebasan oleh pihak penyelenggara untuk menggambar sesuai keinginannya masing-masing sesuai dengan teknik menggambar yang dipandu para seniman dari Artsip Jakarta.

Di Jatinegara Barat, gambar mural yang dibuat beraneka ragam. Dari mulai gambar orang yang tengah duduk di atas rumput hingga gambar sekelompok orang yang tengah berangkulan dengan tulisan “Rusunawa Jatinegara Barat” sebagai latar belakang.

Baca juga :  Tak Efektif, Parkir Meter di RPTRA Kalijodo Dicabut

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button