Kliping

Djarot Akui Ada Lahan DKI yang Digunakan oleh Swasta, Ini Lokasinya

akui ada lahan dki
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat menghadiri sebuah acara pengajian yang diadakan Relawan Nusantara (Rela NU) di Jalan Warung Silah, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (4/3/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengakui ada lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang saat ini digunakan oleh pihak swasta.

Lahan tersebut adalah lahan di kawasan GOR Soemantri Brodjonegoro, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Menurut Djarot, lahan di kawasan GOR Soemantri Brodjonegoro mulai digunakan oleh pihak swasta jauh sebelum dirinya dan Gubernur Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama menjabat.

“Yang ada saya kasih contoh itu Jakarta Selatan, misalkan GOR Soemantri. Itu kan sudah beberapa tahun yang lalu. Zaman Pak Wiyogo (Gubernur Wiyogo Atmodarminto, menjabat 1987-1992) kalau enggak salah. Itu (swasta) kerja sama dengan pemda,” kata Djarot saat ditemui di kawasan Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (4/3/2017).

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

(Baca juga: “Mal di Lahan Negara Tak Ada, Salah Peruntukan Banyak”)

Djarot menyampaikan hal ini dalam merespons pernyataan calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan, yang menyebut ada lahan negara yang kini digunakan untuk mal, termasuk lahan milik Pemprov DKI.

Meski mengakui ada lahan Pemprov DKI yang kini digunakan oleh pihak swasta, Djarot memastikan kebijakan serupa tidak dilakukan sejak era Gubernur Joko Widodo menjabat pada 2012 lalu.

Karena itu, ia meminta agar Anies membuktikan jika memang ada pengalihfungsian lahan Pemprov DKI ke pihak swasta terjadi pada saat era dirinya dan Ahok menjabat.

“Tunjukan yang mana, supaya masyarakat jelas. Tidak sekadar lempar wacana, lempar praduga seperti itu ya. Jangan cuma bilang Jakarta Selatan ada, Jakarta Timur ada,” ujar Djarot.

Baca juga :  Kilas Metro

Pernyataan itu disampaikan Anies saat ia menjawab kritik soal pogram rumah DP nol rupiah yang digagasnya bersama calon wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Ketika itu, Anies mengatakan bahwa rumah dengan DP 0 rupiah yang mereka maksud akan dibangun di lahan-lahan milik Pemprov DKI.

Ia menganggap tidak salah menggunakan lahan Pemprov untuk rumah bagi masyarakat. Ia kemudian menyebut saat ini banyak lahan negara yang difungsikan untuk mal.

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button