Kliping

Bandara Soetta Terapkan VDGS untuk Percepat Pendaratan Pesawat

bandara soetta VDGS
Pesawat Garuda Indonesia sedang push back di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (12/5/2016).

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Angkasa Pura II mulai menerapkan sistem digital untuk mengarahkan pesawat yang baru mendarat hingga ke apron di Bandara Soekarno-Hatta.
Sistem digital bernama Visual Docking Guidance System (VDGS) itu membantu pesawat sampai di posisinya sehingga mempercepat turunnya penumpang dan barang kargo ke area klaim bagasi.

“VDGS ini memandu pesawat yang baru mendarat secara cepat dan tepat menuju gate atau merapat ke terminal hingga berada di lokasi parkir. VDGS secara otomatis juga mengenali jenis pesawat, maskapai yang mengoperasikan, dan kota asal keberangkatan,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin kepada Kompas.com, Kamis (2/3/2017).

Awaluddin menjelaskan, VDGS sementara ini baru diterapkan di apron Terminal 3. Maskapai yang beroperasi di Terminal 3 untuk saat ini adalah Garuda Indonesia penerbangan domestik, dengan rencana lanjutan penerbangan internasional Garuda Indonesia dan maskapai internasional lain yang tergabung dalam Sky Team.

Selama ini, butuh waktu beberapa menit dari mendaratnya pesawat sampai tiba di gedung terminal.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Juga memerlukan waktu untuk bongkar muat barang di kargo pesawat sampai penumpang bisa ambil barangnya di area klaim bagasi.

Terlepas dari layanan penumpang, VDGS ini juga membantu memastikan waktu pesawat saat berada di area parkir sehingga bisa diatur dengan keberangkatan berikutnya.

Baca juga :  Pemprov DKI Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button