Kliping

Kali Semongol Penuh, Djarot Minta Lurah Cari Lahan untuk Buat Embung

KALI SEMONGOL PENUH
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ketika meninjau ketinggian air di Kali Semongol, Tegal Alur, Kamis (23/2/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mencari sumber permasalahan banjir di kawasan Tegal Alur, Kalideres dengan cara meninjau langsung Kali Semongol yang ada di sana.

Djarot melihat kondisi air di Kali Semongol yang hampir meluap ke daratan. Djarot mengatakan air di Kali Sentiong penuh karena imbas rob.

“Ini karena rob ya, banjir karena rob,” ujar Djarot di Tegal Alur, Kalideres, Kamis (23/2/2017).

Di dekat kali tersebut, terdapat saluran air yang juga hampir meluap ke daratan. Djarot sudah memeriksa secara langsung kedalaman dari saluran air tersebut. Djarot mengatakan saluran air sebenarnya sudah cukup dalam.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Namun, air di Kali Semongol yang sudah penuh membuat air dari saluran air tidak bisa mengalir ke kali. Djarot mengatakan banjir di kawasan ini bukan hanya terjadi karena hujan saja melainkan juga karena air laut. Dia pun meminta lurah untuk mencari lahan kosong agar bisa dibuat embung.

“Ya pengaruhnya kan bukan hanya hujan saja, tapi karena air laut naik ya. Makanya saya minta tadi kalau sudah seperti ini cari daerah-daerah cekungan lalu bikin embung ya Pak Lurah, bikin sumur resapan sama embung,” ujar Djarot.

Djarot bersyukur bahwa banjir di kawasan itu sudah surut. Selain itu tidak ada lagi warga yang masih mengungsi. Namun, pembuatan embung tetap harus dilakukan agar banjir tidak terulang.

Untuk masalah rob, Djarot mengatakan solusinya adalah dengan membangun tanggul laut. Pembuatan tanggul merupakan solusi jangka panjang.

“Jadi kalau masalah rob ya Jakarta itu kan berada di bawah permukaan laut ya, salah satu jalannya adalah ya kita bangun tanggul,” ujar Djarot.

Baca juga :  Jalur Terintegrasi dengan Kereta Ringan

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button