Kliping

Tiga Pompa Tidak Berfungsi

JAKARTA, KOMPAS — Tiga pompa Waduk Pluit kembali tidak bisa digunakan. Salah satu penyebabnya adalah panel pompa sempat terbakar hingga hangus dan rusak. Hingga Kamis (19/1), perbaikan panel belum dilakukan.

Dua dari empat panel pompa terbakar bulan lalu. Panel terletak di pompa tengah, yang memiliki kemampuan 4,3 meter kubik per detik. Sementara pompa nomor empat tidak bisa difungsikan sebelum panel terbakar. Tersisa satu pompa yang masih baik dan bisa difungsikan.

Rival (23), operator pompa tengah yang dikelola oleh PT Asiana, mengatakan, panel pompa terbakar saat pompa dijalankan, November lalu.

Menurut Rival, saat itu kondisi ruangan sangat panas karena empat mesin pendingin di dalam ruangan tidak berfungsi. “Di dalam ruangan sangat panas dua hari terakhir sebelum terbakar,” ujarnya.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Panel mesin pompa nomor dua menghitam. Sejumlah kabel hangus terbakar. Di panel mesin pompa tiga, api juga sempat tepercik saat dinyalakan.

Pompa tengah yang dibangun dan dioperasikan oleh swasta ini juga rusak pada Juli tahun lalu. Saat itu, kabel pompa yang tertanam di bawah tanah diduga kuat mengalami korsleting.

Hingga kemarin siang belum ada penggantian dan perbaikan panel. Hanya ada penambahan empat mesin pendingin di ruangan mesin.

Meski ada pompa yang tidak bisa difungsikan, pompa lain masih terus bekerja menyedot air. Joko, penanggung jawab rumah pompa Waduk Pluit, mengatakan, dengan kondisi cuaca seperti sekarang, pompa yang ada masih mampu menjaga debit air di Waduk Pluit.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan, pengelola dan penanggung jawab pompa tengah telah diminta segera memperbaiki bagian yang rusak. “Janjinya tiga hari sudah selesai. Kalau belum ada perbaikan, saya akan cek kembali,” katanya. (JAL)

Baca juga :  Pemerintah Revisi Tata Ruang Jabodetabekpunjur

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button