Kliping

Angka Kehilangan Air Bertambah

JAKARTA, KOMPAS — Tingkat kehilangan air di Jakarta tahun ini diprediksi meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Meski begitu, PD PAM Jaya menekankan agar operator lebih mengutamakan perluasan dan perbaikan layanan sembari mengurangi tingkat kehilangan air.

”Penanganan kehilangan air itu butuh strategi. Kami bisa turunkan NRW (non revenue water/kehilangan air), tetapi pelanggan yang lain tidak kebagian air. Menurut kami, mending mengalirkan air terlebih dahulu, memperbesar tekanan sehingga air sampai dengan baik di masyarakat. Selain itu, kebocoran akan tampak dengan sendirinya karena tekanan yang kuat,” papar Direktur PAM Jaya Erlan Hidayat setelah meresmikan Jaringan Pipa dan Booster Pump Gajah Mada, di Luar Batang, Jakarta Utara, Rabu (30/11).

Laporan Badan Regulator PAM DKI seperti tertera di situsnya, pada kuartal III-2016, tingkat kehilangan air naik 2,97 persen. Sementara volume air terjual 69,75 persen dari target tahun ini. Pada 2015, tingkat kehilangan air 39,3 persen dan ditargetkan turun menjadi 37,8 persen tahun ini. NRW adalah produksi air yang tidak menjadi keuntungan, antara lain, karena kebocoran dan pencurian.

Erlan mengatakan, upaya untuk mengurangi NRW dilakukan seiring perluasan dan peningkatan layanan. Ia mencontohkan, investasi Rp 49,8 miliar untuk perluasan jaringan pipa dan booster pump yang dilakukan PT Palyja di wilayah utara. Perbaikan ini bisa mencakup 20.000 pelanggan.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Vice President PT Palyja Rahmat Samulo menambahkan, dua proyek ini bisa mengalirkan air 200 liter per detik dari Pejompongan atau 500.000 m3sebulan. Daerah jangkauan adalah Muara Baru, Luar Batang, dan Lodan. Di wilayah itu juga banyak ditemukan pemakaian ilegal.

Lintong Hutasoit, Direktur Operasional PT Aetra Air Jakarta, tak menampik meningkatnya NRW tahun ini. ”NRW kami memang naik tahun ini, tetapi indeks kepuasan pelanggan juga naik. Tahun depan kami berupaya agar layanan dan kepuasan tetap tinggi, tetapi NRW turun,” ujar Lintong.

Baca juga :  Melihat Sungai yang Disebut Ideal di Jakarta...

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button