Kliping

60 Keluarga Pindah ke Rumah Susun Sewa

JAKARTA, KOMPAS — Sebagian warga Bukit Duri, Jakarta Selatan, yang bermukim di bantaran Kali Ciliwung, memilih membongkar sendiri bangunan mereka. Mereka juga menerima unit rumah susun sederhana sewa dari pemerintah. Namun, mayoritas warga RT 006 RW 012 Bukit Duri memilih bertahan sembari menunggu proses hukum gugatan kelompok yang sedang berjalan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Minggu (18/9), 60 kepala keluarga pindah ke Rusunawa Rawa Bebek, Jakarta Timur. Mereka sudah mendapatkan kunci unit dan memboyong harta benda ke rusunawa. Camat, lurah, serta pihak polsek dan koramil mengawal proses pindahan warga itu. Sebanyak 153 personel dikerahkan untuk membantu proses perpindahan tersebut.

Ketua RT 010 RW 012 Embeh Saputra (58) mengatakan, setelah surat peringatan kedua dilayangkan Pemkot Jakarta Selatan, warga berinisiatif mendaftar ke kelurahan untuk mendapatkan unit rusunawa.

Menurut catatan Lurah Bukit Duri Mardi Youce, dari Januari hingga September ini, sudah 387 warga yang pindah ke rusunawa dari total 460 orang. Sebanyak 73 orang yang memiliki 24 bidang tanah di RT 006 masih bertahan, menunggu putusan gugatan.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 363 unit Rusunawa Rawa Bebek untuk menampung warga dari Bukit Duri. Menurut Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Rusun Rawa Bebek Darnawati Sembiring, ada fasilitas kios untuk lokasi usaha, yakni 10 unit per blok. UPT sedang mengupayakan kepada pengembang supaya kios disekat dua sehingga menambah jumlah kios per blok.

(MKN/DEA)

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button