Kliping

DKI Bakal Serius Kembangkan Onrust

JAKARTA, KOMPAS. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana merestorasi Pulau Onrust di wilayah Kepulauan Seribu. Onrust akan serius dikembangkan sebagai destinasi wisata yang bukan hanya menawarkan obyek pantai, melainkan juga wisata budaya dan sejarah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Rabu (13/7), seusai pembahasan dengan pengelola Museum Kebaharian DKI Jakarta menjelaskan, melongok ke sejarah, Onrust merupakan pulau terdepan dalam sistem pertahanan Belanda. Di pulau itu terdapat peninggalan sejarah zaman penjajahan Belanda.

Onrust, ujar Djarot, perlu mendapat sentuhan menyeluruh untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan. Data dari Taman Arkeologi Onrust Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, pada 2002, pengunjung pulau ini sebanyak 3.351 orang. Setelah sempat turun menjadi 1.632 orang pada 2003 dan 2.788 orang pada 2004, angka kunjungan meningkat pada 2005 menjadi 5.587 orang.

Selanjutnya angka pengunjung meningkat pesat. Pada 2015 tercatat 33.430 orang mengunjungi Onsrut. Untuk Januari-Juni 2016, sudah 16.625 orang terdata mengunjungi Onrust.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Djarot melanjutkan, rencana restorasi kawasan Pulau Onrust sendiri belum masuk dalam anggaran. Itu karena rencana pengembangan kawasan belum lengkap.

“Kami mengharapkan, bermacam pihak bisa menemukan kajian untuk membuat satu perencanaan yang terpadu. Bukan hanya untuk Onrust, melainkan juga untuk pulau-pulau di sekitarnya, seperti Cipir, Bidadari, dan Kelor,” tutur Djarot.

Menurut Djarot, Pulau Onrust memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata khusus. Nantinya, harus ada aturan khusus supaya setiap pengunjung tidak sembarangan masuk tanpa memenuhi aturan.

Wulandari, Kepala Subbagian Tata Usaha Museum Kebaharian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, menjelaskan, untuk pengembangan pulau yang mengandung nilai sejarah dan budaya, pada tahun ini sedang dituntaskan pembangunan tanggul di pulau. Selain itu, juga penanaman mangrove di pantai.

Baca juga :  Keterbatasan Lahan, Kelurahan Tugu Selatan Belum Punya RPTRA

Pada 2017, menurut rencana akan dibangun jembatan untuk menghubungkan Onrust dengan pulau-pulau di sekitarnya. Upaya lain, seperti menggali cerita-cerita sejarah dan merekonstruksi kawasan, juga akan dilakukan. Untuk upaya rekonstruksi yang merupakan bagian dari pengembangan wisata masih akan dilakukan penelitian lebih lanjut.

(HLN)

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button