Kliping

Dua Rute Baru untuk Komuter

Masyarakat Mengapresiasi, tapi Minta Tambahan Frekuensi

JAKARTA, KOMPAS — PT Transportasi Jakarta kembali memperluas pelayanan. Mulai Senin (6/6), Transjakarta menambah dua rute baru, yaitu Ciputat- Bundaran HI dan Bumi Serpong Damai/ BSD-Grogol. Perjalanan komuter dari sekitar Jakarta ke Ibu Kota diharapkan makin terakomodasi.

Bus transjakarta menunggu penumpang di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Senin (6/6). PT Transjakarta resmi membuka dua rute baru yang mulai beroperasi kemarin, yaitu Ciputat-Bundaran HI dan BSD-Grogol.
KOMPAS/HENDRA A SETYAWANBus transjakarta menunggu penumpang di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Senin (6/6). PT Transjakarta resmi membuka dua rute baru yang mulai beroperasi kemarin, yaitu Ciputat-Bundaran HI dan BSD-Grogol.

Di dua rute baru itu, pelayanan bus dimulai pukul 05.00 hingga 20.00 setiap hari. Sesuai misi PT Transjakarta yang memudahkan mobilitas masyarakat dengan tarif murah, untuk dua rute baru itu masyarakat hanya perlu membayar Rp 3.500.

Kedua rute baru itu, ujar Kepala Humas Transjakarta Prasetia Budi, kemarin, terintegrasi dengan koridor transjakarta. Untuk rute BSD-Grogol, terintegrasi dengan Koridor 3, 8, dan 9. Lalu, rute Ciputat-Bundaran HI terintegrasi dengan Koridor 1, 8, dan 9.

Untuk sementara, ujar Prasetia, di setiap rute baru itu Transjakarta mengoperasikan 10 bus tunggal. “Rute lain ke kota-kota di sekitar Jakarta masih terus dikembangkan. Saat ini masih dalam kajian tim Transjakarta dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta,” kata Prasetia.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Di luar dua rute baru, saat ini sudah ada layanan angkutan dari Bekasi Barat ke Jakarta, Bekasi Timur ke Jakarta, juga dari Depok ke Jakarta. Adapun untuk rute dalam kota, selain 12 koridor yang ada, transjakarta sudah membuka 17 rute baru dalam kota. Rute-rute baru itu terintegrasi dengan 12 koridor transjakarta eksisting. Ke-17 rute baru itu diluncurkan akhir April lalu.

Minim fasilitas

content
,

Pengoperasian bus transjakarta BSD-Grogol-Slipi dan Ciputat-Bundaran HI disambut baik para penumpang. Namun, penumpang masih mengeluhkan frekuensi kedatangan yang masih sangat sedikit dan masih minimnya fasilitas halte.

Eny (45), warga Pamulang, Tangerang Selatan, mengatakan, bus yang halte awalnya di pool PPDi Ciputat ini sangat membantunya pulang dari tempat kerja di sebuah RS di Pondok Indah, Jakarta Selatan. “Transjakarta, lebih murah. Biasanya, kalau naik APTB, sampai Pondok Indah Rp 5.000, dengan ini hanya Rp 3.500. Lumayan. Tapi saya masih bingung, di mana busnya berhenti, tidak ada tanda atau halte khusus,” ujarnya.

Baca juga :  Kabar dari Pulau Pari: Menanti Aksi Pemerintah Jakarta Tindaklanjuti Temuan Ombudsman

Sebanyak 10 bus yang diuji coba di jalur Ciputat-Bundaran HI, jika dirata-rata, datang setiap 30 menit sekali pada jam-jam sibuk, yaitu pagi dan sore selepas pukul 15.00. Di siang hari, bus melintas setiap satu jam sekali. Di beberapa titik ada yang hanya dipasangi rambu “bus stop” sehingga, ketika hujan deras mengguyur, penumpang tidak bisa menunggu bus dengan nyaman.

Di Kota Bekasi, warga pun senang ada layanan transjakarta. “Kalau naik transjakarta, kan, cukup bayar sekali bisa transit ke rute lain. Tapi, kalau bisa, ditambah jumlah bus dan frekuensi kedatangan-keberangkatan,” ujar Yuvi, pengguna transjakarta.

Saat ini, ada dua rute transjakarta dari Bekasi ke Jakarta, yakni Bekasi Barat-Bundaran HI dan Metropolitan Mal-Tanjung Priok. Bus transjakarta dari dua rute itu rata-rata mengangkut 7.500-8.000 penumpang per hari. Menurut rencana, akan ada dua rute baru yang ditambah, yakni Summarecon-Pasar Baru dan Bekasi Barat-Pulogadung.

Bus transjakarta menunggu penumpang di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Senin (6/6). PT Transjakarta resmi membuka dua rute baru yang mulai beroperasi kemarin, yaitu Ciputat-Bundaran HI dan BSD City-Grogol-Slipi.
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN
Bus transjakarta menunggu penumpang di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Senin (6/6). PT Transjakarta resmi membuka dua rute baru yang mulai beroperasi kemarin, yaitu Ciputat-Bundaran HI dan BSD City-Grogol-Slipi.
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Tambah bus

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan dan Komunikasi Kota Tangerang Selatan Wijaya mengatakan, frekuensi bus akan ditambah jika memang ada permintaan yang tinggi dari penumpang. “Saat ini bus memang masih terbatas karena kami masih menguji coba. Nanti akan dihitung kebutuhannya. Jika memang tinggi, bus siap ditambah berapa pun,” katanya.

Wijaya juga mengatakan, pihaknya telah menggandeng sebuah pusat perbelanjaan di BSD City untuk menjadi lokasi park and ride. Di Ciputat, fasilitas tempat parkir akan dibuat di pul bus PPD. Pihaknya juga meminta bantuan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek membuatkan halte di tempat-tempat yang dibutuhkan sesuai standar transjakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana mengaku optimistis penambahan rute transjakarta akan diminati warga Bekasi yang bekerja di Jakarta. Saat ini, Transjakarta masih mengkaji potensi penumpang di dua rute baru tersebut.

Baca juga :  Buku Keindahan 7 Taman Nasional Laut Indonesia Telah Dirilis

Kendati ada rencana penambahan rute, Yayan mengungkapkan, Pemkot Bekasi belum memiliki rencana mengatur angkutan pengumpan. Sebab, titik keberangkatan dari rute yang ada masih dilewati oleh trayek angkutan umum.(HLN/UTI/ILO)

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button