Kliping

Musyawarah untuk Pembangunan Manusia

JAKARTA, KOMPAS — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengingatkan, target dari pembangunan yang dirancang adalah masyarakat. Infrastruktur hanya akses untuk mencapai target utama.

781c9f19a09845689ea4e3a1a73cc5fd
WARADITYA NUGRAHA Musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat Kota Jakarta Utara dihadiri oleh pimpinan daerah tingkat kota, camat, lurah, hingga perwakilan masyarakat. Dalam sambutan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengingatkan seluruh peserta bahwa target utama dari pembangunan adalah masyarakat.

Hal itu dikatakan dalam pembukaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) Jakarta Utara, Selasa (29/3/2016). Pemerintah Kota Administratif Jakarta Utara bersama lembaga perwakilan masyarakat dan anggota Dewan Perwakilan Daerah pemilihan Jakarta Utara duduk bersama dalam musyawarah perencanaan pembangunan tahun 2017.

“Tujuan musrenbang adalah untuk menyamakan konsep dan pola pikir unsur pemerintah, mulai dari tingkat kelurahan hingga provinsi. Target dari pembangunan bukan sekadar infrastruktur, melainkan manusia,” kata Basuki dalam sambutan.

Basuki memberikan masukan dan tanggapan atas usulan program tahun 2017, antara lain program ruang terbuka hijau, pelayanan publik, dan kesehatan. Selain itu, revitalisasi permukiman kumuh juga menjadi prioritas dalam perencanaan pembangunan Kota Jakarta Utara.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Basuki menjamin, penertiban yang dilakukan di permukiman kumuh di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, tidak akan mengganggu bangunan Masjid Luar Batang. “Malah kami ingin memperbaiki akses menuju masjid. Proses penertiban paling lambat akan dilaksanakan pertengahan April,” kata Basuki.

Musrenbang dilakukan di Kantor Wali Kota Jakarta Utara selama dua hari, 29-30 Maret 2016. Selain di Jakarta Utara, musrembang juga dilakukan di lima wilayah kota dan kabupaten di Jakarta, tetapi pada waktu berbeda.

Pada hari pertama, para peserta musrenbang mendapatkan pengarahan dari gubernur dan diskusi terpisah antarbidang, mulai dari perekonomian hingga kesejahteraan rakyat. Adapun laporan hasil musrenbang akan dilaporkan pada hari kedua.

Kepala Kantor Perencanaan dan Pembangunan Jakarta Utara Susy Latifah mengatakan, melalui musrenbang, pemerintah daerah dapat menyusun perencanaan, mulai tingkat rukun warga hingga provinsi.

Baca juga :  Kadis Kesehatan: 30 Persen Rumah di Jakarta Belum Miliki MCK

“Rencana kerja pembangunan kota hasil musrenbang akan menjadi bahan masukan untuk pembahasan rencana kerja pembangunan dalam musrenbang provinsi nanti,” ujarnya. (C06)

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button