Kliping

Tergerus Air, Jembatan Kali Grogol Ambles

JAKARTA, KOMPAS — Lapisan aspal yang terhubung dengan jembatan di depan Kompleks Hankam, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, ambles. Akibatnya, jalan alternatif penghubung antara Slipi dan Palmerah tersebut terputus.

Lapisan aspal di salah satu ujung jembatan itu retak dan ambles sepanjang sekitar 5 meter. Terlihat beberapa titik retakan di dekat jembatan. Di sekitar retakan terlihat aspal keropos dan berlubang. Warga sekitar menduga, lapisan tanah di sekitar jembatan itu labil, sementara lapisan aspal terkikis air saluran got di bawah jalan.

Hari Jumat (11/3), bagian aspal yang retak menjadi tempat anak-anak bermain dan duduk-duduk. Tak jauh dari tanah yang retak itu juga berdiri warung makan dan rumah warga.

Dewi Sri (48), warga RT 009 RW 005, Kelurahan Kemanggisan, mengatakan, jembatan itu ambles sejak Jumat pekan lalu. Waktu itu, sekitar pukul 05.30, warga mendengar suara bergemuruh dari tanah di ujung jembatan.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Akibat amblesnya jembatan itu, sebagian warga RW 005 dan kompleks Hankam kini harus berjalan memutar lebih jauh. “Ibu-ibu yang mengantarkan anaknya harus berputar lebih jauh melewati Jalan Sulaiman. Kami berharap jembatan segera diperbaiki,” ujar Dewi yang rumahnya di dekat lokasi.

Mandala (35), warga lain, mengatakan, lalu lintas di jalan alternatif itu selalu padat, terutama pada pagi dan sore hari. Kendaraan menggunakan jalur tersebut untuk menghindari kemacetan di Jalan S Parman.

“Warga membuat peringatan sederhana dengan ranting pohon, pot bunga, dan tulisan sederhana supaya para pengendara tahu,” kata Mandala.

Selama jembatan ditutup, lalu lintas di sekitar jalur alternatif itu macet. Banyak pengendara sepeda motor yang nekat masuk ke lokasi. Namun, sebelum mereka sampai di jembatan sudah dicegat warga sekitar.

Baca juga :  Bagai Langit dan Bumi, Harga Air Bersih di Jakarta dan Pulau Untung Jawa

Camat Palmerah Zery Ronazy mengatakan, warga sudah berinisiatif menutup jalan supaya tak dilalui sepeda motor. Beberapa waktu lalu, jalan sudah ditutup, tetapi masih dilewati sepeda motor. Akibatnya, retakan melebar dan nyaris longsor. Menurut Zery, petugas Dinas Bina Marga DKI sudah mengecek ke lokasi. Namun, pihaknya belum tahu kapan kerusakan jalan dan jembatan itu akan diperbaiki.

Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat Turmudi mengatakan, perbaikan jembatan inspeksi Kali Grogol akan dikerjakan langsung oleh Dinas Bina Marga DKI. Demi mempercepat perbaikan, pihaknya sudah menurunkan Unit Penyelidikan Pengukuran dan Pengujian Dinas Bina Marga.

Tim bertugas menginvestigasi penyebab amblesnya jalan. Dari hasil investigasi sementara, jalan ambles akibat terjadi pergeseran tanah di bawah Kali Grogol sehingga fondasi jembatan bergeser dan permukaan jalannya ambles.

“Jembatan akan sekaligus dibongkar supaya kerusakan tidak meluas. Usia jembatan sudah mencapai 30 tahun,” ujar Turmudi.

Selain di Kemanggisan, sejumlah jalan inspeksi di Jakarta Barat juga rusak parah. Jalan inspeksi Kanal Barat, Tambora, retak-retak, bergelombang, dan berlubang. Kerusakan itu membahayakan pengendara sepeda motor yang melintas di lokasi tersebut. Jalan inspeksi tersebut kerap digunakan warga sebagai jalur alternatif menuju Jalan Latumenten, terutama saat jalan utama macet. (DEA)

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button