Kliping

Malas Jalan Kaki

Menurut arsip koran ini, 42 tahun lalu, Jakarta mulai memiliki car parkpertama di Indonesia. Saat itu di Blok Ketiga Proyek Pasar Senen, Jakarta, dibangun pelataran parkir di atap bangunannya. Dengan luas 8.250 meter persegi, pelataran parkir di gedung pertama di Indonesia yang bisa menampung 300-400 mobil itu diharapkan dapat mengatasi sulitnya lahan parkir di Jakarta.

a988326dcbac47e4a5c70f3d1ac2f9c1

Namun, hingga kini, persoalan parkir kendaraan di Ibu Kota masih menyisakan masalah. Malah sekarang ibaratnya orang tidak lagi kesulitan memarkir kendaraan pribadinya di mana saja. Mereka semakin dimanjakan.

Di pinggir jalan yang berambu larangan berhenti dan parkir-tahu, kan, beda arti parkir dan berhenti?- orang biasa leluasa memarkir kendaraannya. Beberapa kali memang dilakukan semacam penegakan peraturan dengan menggembok kendaraan yang diparkir sembarangan. Akan tetapi, efek jera belum juga tampak.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Parkir di gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan dengan tarif mahal tetap diserbu warga Ibu Kota pemilik kendaraan pribadi. Di beberapa pusat perbelanjaan besar malah tersedia layanan jasa parkir valet. Pengguna mobil pribadi tinggal menyerahkan kunci kepada petugas valet yang akan memarkirkan kendaraannya. Tarifnya bisa puluhan ribu rupiah di luar sewa tarif parkir. Pemilik mobil tinggal melenggang masuk ke mal atau gedung.

Bahkan, kini bukan hanya parkir valet yang tersedia. Di sejumlah tempat parkir ada blok-blok lahan parkir dengan tarif sewa parkir yang lebih mahal dibandingkan dengan lokasi lainnya. Jasa parkir valet dan tarif parkir lokasi khusus yang lebih mahal di Ibu Kota tidak pernah sepi pengguna jasanya. Parkir telah menjadi bisnis yang menggiurkan.

Baca juga :  Sampah di Jembatan Kampung Melayu

Tarif sewa parkir yang terus meningkat juga tidak mengurangi animo orang untuk menggunakannya. Parkir di gedung parkir (off street) dengan tarif mahal saja selalu padat. Apalagi parkir di pinggir jalan (on street) yang relatif murah membuat orang asyik-asyik saja menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendala berarti.

Warga Ibu Kota sedapat mungkin menggunakan kendaraan pribadi hingga titik terdekat tujuan kegiatannya. Seperti juga warga kota-kota lainnya di Indonesia, kesadaran berjalan kaki warga Jakarta masih rendah.

Pernah sebuah instansi pemerintah memberlakukan larangan bagi pegawainya untuk menggunakan kendaraan pribadi sehari dalam sepekan. Pada hari yang ditentukan tempat parkir instansi tersebut terlarang bagi kendaraan pribadi para pegawai. Kebijakan tersebut dimaksudkan agar sepekan sekali para pegawai yang biasa menggunakan kendaraan pribadi menggunakan angkutan umum dari rumah atau sedikit berjalan kaki ke kantor.

Lahan parkir pada hari tersebut memang melompong dari kendaraan pribadi pegawai. Para pegawai beralih menggunakan transportasi umum? Tidak juga. Apa yang terjadi adalah mereka tetap menggunakan kendaraan pribadi, tetapi memarkirnya di tempat lain yang bisa saja jauh dari lokasi kantornya.

Untuk mencapai kantor, mereka tidak berjalan kaki, tetapi menggunakan taksi atau ojek sepeda motor. Selain menggunakan kendaraan pribadi masih dianggap bisa meningkatkan status sosial, warga umumnya adalah masyarakat yang malas berjalan kaki.

Saatnya Pemprov DKI Jakarta mendorong warga kotanya untuk lebih banyak berjalan kaki dalam menjalankan aktivitasnya. Tersedianya fasilitas pejalan kaki yang nyaman, aman, dan memadai yang terintegrasi antara angkutan umum dan pusat kegiatan serta permukiman saatnya diperhatikan. Para pejalan kaki jangan lagi menjadi warga yang terpinggirkan karena trotoar yang memprihatinkan.

Penataan angkutan umum dan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanannya jangan melupakan keberadaan pejalan kaki dan para pesepeda. Kedua aktivitas itu merupakan aspek penting yang harus diperhatikan jika memang Pemprov ingin mewujudkan transportasi berkelanjutan.

Baca juga :  Pemprov DKI Akan Cari Solusi Atasi Asinnya Air di Kalijodo

Kampanye bahwa bersepeda atau berjalan kaki untuk berkegiatan di kota adalah sesuatu yang keren dan sehat saatnya dilakukan.

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button