BHUMI ATR BPN

Tentang BHUMI ATR BPN

BHUMI.atrbpn merupakan laman berbentuk peta daring untuk mengakses data geospasial dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional . Peta daring ini dibangun berdasarkan perangkat lunak TerriaJS. Perangkat lunak tersebut merupakan framework sumber terbuka untuk menjelajahi data geospasial berbasis daring yang dikembangkan bersama oleh Data61 dan Departement of Communications and the Arts, Geoscience Australia serta lembaga pemerintah Australia lainnya.

Bagaimana Menggunakan BHUMI.atrbpn

Kunjungi laman https://bhumi.atrbpn.go.id. Operasional penggunaan sudah cukup jelas, namun pengguna dapat mengunjungi laman Bantuan untuk mendapatkan petunjuk yang lebih spesifik.

Kontribusi Data Pada BHUMI.atrbpn

Data yang terdokumentasikan dalam BHUMI.atrbpn merupakan data yang dikelola oleh setiap unit kerja sebagai produsen data pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Adapun tujuan dari BHUMI.atrbpn adalah untuk:

  • Memberikan kemudahan akses ke data spasial yang bersifat otoritatif dan lainnya kepada masyarakat, pemerintah dan lembaga lainnya;
  • Memfasilitasi keterbukaan informasi publik

overview

Data spasial yang terdapat dalam BHUMI.atrbpn merupakan data yang tersimpan dalam pangkalan data dan disajikan dalam format protokol standar Open Geospatial Consortium (OGC), seperti protokol WMS (Web Map Service), WMTS (Web Map Tile Service), dan lain sebagainya. Untuk melihat data yang dipublikasi dalam BHUMI.atrbpn, pengguna dapat melihat pada Data Catalogue  dan memperluas pilihan pada grup dataset yang ada, antara lain:

  1. Dataset Utama, dataset ini merupakan kelompok data yang dihasilkan maupun dikelola oleh unit kerja dan terdiri dari
    • Bidang Tanah Berdasarkan Hak;
    • Bidang Tanah Dalam Proses Pengumuman;
    • Zona Nilai Tanah;
    • Kawasan Hutan;
    • Lahan Baku Sawah;
    • Penetapan Lahan Sawah;
    • Verifikasi Lahan Sawah; dan
    • Penggunaan Tanah
  2. Dataset Sekunder, dataset ini merupakan kelompok data yang dihasilkan dari pengolahan dataset utama maupun data yang bersifat penunjang tugas dan fungsi lembaga Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional yang terdiri dari
    • Data Lokasi Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional;
    • Data Peralihan Jual Beli Hak Atas Tanah periode Desember 2019
  3. Dataset Eksperimental 3D, dataset ini merupakan kelompok data yang digunakan dalam rangka pengembangan sistem kadaster 3D dan bersifat ujicoba

Lembaga pemerintah lain di Indonesia yang berkehendak untuk memberikan kontribusi dalam BHUMI.atrbpn dapat mengirimkan email ke support.pusdatin@atrbpn.go.id. Perlu diinformasikan bahwa BHUMI.atrbpn tidak akan menyimpan data yang akan dikontribusikan dan hanya akan mempublikasikan data dengan cara mengakses data secara langsung dari server pihak kontributor melalui protokol standar sebagaimana dijelaskan sebelumnya.

Baca juga: Gambar Peta Dunia Lengkap dengan Daftar Negara

Perangkat Lunak BHUMI.atrbpn

Perangkat lunak BHUMI.atrbpn merupakan replikasi dari perangkat lunak yang tersedia pada Github projectyaitu TerriaJS, yang dikembangkan oleh Data61 dan awalnya diperuntukan guna kepentingan publikasi data spasial pemerintah Australia. Saat ini, perangkat lunak tersebut telah tersedia sebagai perangkat lunak sumber terbuka guna membantu pengembangan aplikasi diseminasi data spasial berbasis web lainnya.

TerriaJS adalah perangkat lunak yang dilisensikan berdasarkan Lisensi Apache, Versi 2.0 (selanjutnya disebut Lisensi). Pengembang tidak boleh menggunakan kode sumber kecuali sesuai dengan Lisensi. Pengembang dapat memperoleh salinan Lisensi pada http://www.apache.org/licenses/LICENSE-2.0. Kecuali diwajibkan oleh undang-undang yang berlaku atau disetujui secara tertulis, perangkat lunak yang didistribusikan berdasarkan Lisensi menganut DASAR “SEBAGAIMANA ADANYA“, TANPA JAMINAN ATAU KONDISI APA PUN, baik tersurat maupun tersirat. Lihat Lisensi untuk pernyataan spesifik yang mengatur izin dan batasan di bawah Lisensi.

Penggunaan Perangkat Lunak Sumber Terbuka Lain

Pengembangan BHUMI.atrbpn juga memanfaatkan perangkat lunak sumber terbuka lainnya, seperti

Syarat & Ketentuan

Informasi yang ditampilkan pada BHUMI.atrbpn hanya untuk tujuan informasi umum, dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran komersial, keuangan, atau hukum. Informasi apa pun sehubungan dengan BHUMI.atrbpn mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan pribadi Pengguna oleh sebab itu Pengguna harus menggunakan kemandirian, keterampilan, kepedulian dan penilaian sendiri sehubungan dengan bagaimana Pengguna menggunakan informasi yang ditampilkan di BHUMI.atrbpn.

Sebagai syarat menggunakan BHUMI.atrbpn, Pengguna harus mematuhi semua undang-undang, peraturan, dan hak pihak ketiga yang berlaku (termasuk, tanpa batasan, undang-undang tentang impor atau ekspor data atau perangkat lunak, privasi, dan undang-undang setempat). Pengguna tidak boleh menggunakan BHUMI.atrbpn untuk mendorong atau mempromosikan kegiatan ilegal atau pelanggaran hak pihak ketiga. Beberapa bagian BHUMI.atrbpn (seperti fungsi pemendek URL) bergantung pada API pihak ketiga.

Dalam masalah penting apa pun, Pengguna harus mencari nasihat profesional yang relevan dengan keadaan Pengguna sendiri.

Penggunaan BHUMI.atrbpn tidak ditujukan untuk keperluan navigasi atau analisis spasial yang presisi atau untuk aktivitas apa pun yang dapat mengancam keselamatan pengguna.

Disclaimer:

Setiap informasi yang dikelola wali data dan ditampilkan pada BHUMI.atrbpn diberikan sebagaimana adanya dengan tetap memperhatikan ketentuan perlindungan informasi yang bersifat pribadi dan atau bersifat rahasia, serta dengan pengertian bahwa wali data tidak bertanggung jawab atau menjamin ketepatan waktu, keakuratan, atau kelengkapan informasi tersebut. Jika pengguna bermaksud mengandalkan informasi apa pun yang ditampilkan pada BHUMI.atrbpn, maka pengguna dapat mengajukan permohonan Pelayanan Informasi Publik Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Pengguna mengakui bahwa dalam menggunakan BHUMI.atrbpn berarti Pengguna telah memberikan persetujuan terhadap syarat dan ketentuan ini.

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button