Spasial

Peta Laos Lengkap dengan Kota, Batas Wilayah dan Keterangan Lainnya

Peta Laos – Berdasarkan peta dunia, negara Laos berada di Benua Asia atau lebih tepatnya di kawasan Asia Tenggara dengan ibukota Vientiane. Luas wilayah Laos adalah sekitar 236,800.00 km2 dimana 2.53% (6,000.00 km2) wilayahnya merupakan perairan dan 230,800.00 km2 merupakan daratan, sehingga menjadikan Laos sebagai negara terbesar ke-82 di dunia.

Negara Laos memiliki ketinggian yaitu rata-rata 710 m di atas permukaan laut, memiliki iklim berupa musim hujan tropis serta musim kemarau. Wilayah Laos pada umumnya adalah merupakan daerah pegunungan terjal dengan sejumlah dataran tinggi.

Secara geografis letak Laos berada di sebelah utara dari Semenanjung Indochina. Uniknya, negara ini dikelilingi oleh daratan negara-negara lain yang ada di Asia Tenggara. Jika kita lihat pada peta Laos dibawah, dapat kita lihat bawah Laos sama sekali tidak memiliki wilayah lautan. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua ataupun negara secara terperinci silahkan lihat pada halaman Peta Dunia.

Gambar Peta Laos

Peta Laos

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap
Peta Laos
Gambar posisi letak negara Laos dalam peta dunia.
Peta Laos
Gambar Peta Laos.

Berdasarkan peta diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Laos adalah sebagai berikut:

  1. Sebelah Utara: Berbatasan dengan negara China dan negara Myanmar
  2. Sebelah Timur: Berbatasan dengan negara Vietnam
  3. Sebelah Selatan: Berbatasan dengan negara Kamboja
  4. Sebelah Barat: Berbatasan dengan negara Thailand
Baca juga :  Peta Sidoarjo Lengkap dengan Kabupaten

Lihat Peta Vietnam dan Peta Thailand yang adalah merupakan negara di sebelah timur dan selatan dari Laos.

Kota Penting di Laos

Beberapa kota penting dan juga besar yang terdapat di Laos diantaranya adalah Viangchan (Vientiane), Ban Ban, Ban Nape, Khammouan, Louangphrabang, Muang Ou Tai, Muang Thathom, Muang Phonsavan, Muang Souy, Muang Va, Phonhong, Salavan, Napheng, Khok-He, Boun Nua, Boun Tai, Donnoun, Muang Kasi, Longcheng, Louangnamtha, Ou Nua, Pakxe, Phongsali, Savannakhet, Xaingkhoang, Xam Nua, Thinkeo, Xaignabouri, dan Xiangkhoang.

Lokasi Strategis di Laos

Pegunungan Annam Cordillera, Teluk Tonkin, Dataran Tinggi Bolovens, Dataran Tinggi Cammon, Sungai Kong, Waduk Nam Ngum, Rentang Lang Prabang, Sungai Mekong, dan Plateau Xiangkhoang.

Masalah Lingkungan di Laos

Laos memiliki sejumlah masalah terkait lingkungan seperti deforestasi serta erosi tanah. Selain itu, negara ini juga dipenuhi dengan ranjau. Masalah lingkungan lainnya yang ada dinegara ini adalah sebagian besar penduduk Laos sulit mendapatkan sumber air bersih untuk di minum.

Sumber Daya Alam Laos

Laos kaya akan sumber daya alam khususnya adalah sumber daya mineral seperti gipsum, emas timah, dan batu mulia. Sumber daya alam lainnya yang dapat ditemukan di negara ini adalah berupa kayu dan hydropower.

Artikel terkait

Back to top button