Spasial

Peta Bengkulu Lengkap dengan Kabupaten dan Kota

Peta Bengkulu – Bengkulu adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera. Provinsi Bengkulu beribukota di Bengkulu.

Peta Bengkulu

Berikut penampakan peta Provinsi Bengkulu. Untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas silahkan klik 2x peta tersebut.

Peta Bengkulu

Provinsi yang berbatasan dengan Bengkulu

  • Jambi
  • Lampung
  • Sumatra Barat
  • Sumatra Selatan

Peta Regional

Atlas Bengkulu
Atlas Bengkulu

Peta Sumatra Lainnya

Letak Geografis

Dari peta Bengkulu, dapat kita lihat bahwa provinsi ini terletak di sebelah barat daya Pulau Sumatera. Tak ketinggalan dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia, pada zaman kerajaan di provinsi Bengkulu pernah berdiri beberapa kerajaan yang mencatat sejarah daerah tersebut. Kerajaan-kerajaan tersebut antara lain : Sungai Serut, Selebar, Pat Petulai, Balai Buntar, Sungai Lemau, Sekiris, Gedung Agung, dan Marau Riang. Beberapa kerajaan tersebut di bawah pemerintahan Kesultanan Banten (Wikipedia Bebas).

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Di provinsi Bengkulu terdapat kerajinan tradisional bernama batik besurek, yaitu kain batik berhias huruf-huruf Arab gundul. Batik tersebut diakui oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu warisan budaya yang turut memperkaya khazanah budaya Nusantara.

Selain itu, di Bengkulu juga kaya akan tarian tradisi, antara lain : Tari Penyambutan, Tari Tombak Kerbau, Tari Topeng dan lain-lain. Di sanapun terdapat banyak tempat wisata alam dan wisata bersejarah yang patut kita kunjungi, antara lain : Pantai Panjang, Danau Dendam Tak Sudah, Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Bung Karno, dan lain sebagainya.

Baca juga :  Puncak Bogor Ciloto Kabupaten Cianjur Jawa Barat

Batas-batas Wilayah

Jika dilihat dari peta di atas, provinsi Bengkulu terletak di pesisir barat Pulau Sumatra bagian barat daya. Adapun batas-batasnya sebagai berikut:

banner-content-image
  • Bagian utara berbatasan dengan Provinsi Sumatra Barat
  • Bagian timur laut berbatasan dengan Provinsi Jambi
  • Bagian timur berbatasan dengan Provinsi Sumatra Selatan
  • Bagian selatan/tenggara berbatasan dengan Provinsi Lampung
  • Bagian barat berbatasan dengan Samudra Indonesia

Sampai saat admin menuliskan ini, karena wilayahnya yang tidak begitu luas Provinsi Bengkulu dibagi dalam 9 kabupaten dan 1 kota saja. Di dalam peta Bengkulu tersebut telah juga ditulis nama-nama kabupaten dan kota, namun agar lebih jelas, di sini kami cantumkan juga semuanya.

Kabupaten dan kota di Bengkulu: Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kaur, Kepahiang, Lebong, Mukomuko, Rejang Lebong, Seluma, Kota Bengkulu   Untuk lebih mengenai Provinsi Bengkulu, silahkan kunjungi website resminya di: go.bengkuluprov.go.id

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Bengkulu lengkap dengan nama kabupaten dan kota, semoga menjadi tambahan manfaat agar kita lebih mengenal wilayah provinsi yang ada di Indonesia, khususnya di pulau Sumatra.

Artikel terkait

Back to top button