Spasial

Peta Jatim (Jawa Timur) Lengkap dengan Nama Kabupaten dan Kota

Peta Jatim (Jawa Timur) lengkap dengan nama kota – Jawa Timur merupakan salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa bagian timur. Sampai admin menuliskan ini, provinsi dibagi dalam 29 kabupaten dan 9 kota.

Dari peta Jatim yang dilampirkan, anda dapat mengetahui letak sebuah kabupaten maupun kota. Sebelum sampai ke pembahasan atlas Jawa Timur, mari sedikit kita menengok ke belakang mengenai sejarah provinsi ini.

Jawa Timur merupakan sebuah provinsi yang mayoritas penduduknya memiliki perekonomian yang maju. Karena tanah yang subur membuat para petani mampu memanfaatkannya untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas.

Provinsi Jawa Timur juga memiliki catatan sejarah yang takkan terlupakan oleh rakyat Indonesia. Baik itu zaman kerajaan maupun zaman kemerdekaan Republik Indonesia. Pada zaman kerajaan, di sana berdiri sebuah kerajaan kuno terbesar bernama Majapahit yang terkenal dengan patih Gajahmada dan Sumpah Palapanya.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Satu lagi, tokoh peramal kuno terkenal bernama Jayabaya masih melekat di jiwa masyarakat Jawa hingga saat ini, karena masih banyak menyimpan misteri. Beliau adalah Raja Kerajaan Kediri yang wafat tanpa meninggalkan bekas, dalam istilah jawa muksa.

Bagi anda pecinta sejarah bisa melihat petilasannya yang kami tulis di artikel sejarah: Wisata Sejarah Pamuksan Sri Aji Joyoboyo kediri, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui letak tempat wisata bersejarah tersebut silahkan lihat pada gambar peta Jawa Timur lengkap di bawah ini.

Sedangkan pada zaman Kemerdekaan, sebuah pertempuran sengit dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang terkenal dengan Pertempuran 10 Nopember 1945 pimpinan Bung Tomo. Pertempuran tersebut memakan banyak korban, sehingga dijadikan sebagai Hari Pahlawan.

Baca juga :  Peta Kota Palembang Lengkap Dengan Batas Wilayah
-->

Kumpulan Peta Provinsi Jawa Timur

Kembali ke pokok bahasan, bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai Peta Provinsi Jawa Timur, di bawah ini kami lampirkan gambar atau peta Jatim lengkap dengan nama kabupaten dan kota. Dengan melihat peta provinsi ini diharapkan anda akan mengetahui di mana batas provinsi ini dan di mana letak masing-masing kota dan kabupaten yang ada.

Jika peta di bawah ini kurang jelas silahkan klik saja gambarnya, anda akan diantar ke halaman baru dengan ukuran peta maksimal yang lebih jelas, dilengkapi dengan tool zoomnya.

Peta Jawa Timur hd
Peta prov jawa timur
Peta versi Atlas
Peta versi Atlas

Provinsi yang berbatasan dengan Jawa Timur

  • Jawa Tengah
  • Bali

Peta Regional

  • Peta Provinsi
  • Peta Indonesia

Peta Jawa Lainnya

  • Peta Jawa
  • Peta Jawa Barat
  • Peta Yogyakarta
  • Peta Banten

Peta Kabupaten di Jawa Timur

Di bawah ini adalah peta kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur, lengkap dengan peta jalan provinsi:

Peta kabupaten

Agar lebih jelas, di sini juga kami lampirkan peta pembagian kabupaten di Jawa Timur serta batas-batasnya, amati gambar di bawah ini.

Peta Pembagian Kabupaten Jawa Timur

Peta Pembagian Kabupaten
Peta Pembagian Kabupaten

Peta Wisata Jawa Timur

Dan bagi anda yang suka berwisata, di bawah ini adalah peta wisata Jatim yang sering dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara:

Peta Wisata

Peta Buta Hitam Putih Jawa Timur

Peta Buta Hitam Putih Jawa Timur

Peta Buta Berwarna

Peta Buta berwarna Jawa Timur

Dengan melihat peta wilayah Jawa Timur di atas, saya yakin anda akan kesulitan untuk mencatat satu-persatu nama kabupaten dan kota yang ada. Maka dari itu admin lampirkan juga nama kabupaten dan kota tersebut dalam tulisan mandiri di bawah ini. Di bawah ini tercatat 29 nama kabupaten dan 9 kota, semoga memberi manfaat.

Baca juga :  Gambar Peta Indonesia Lengkap

Di bawah ini adalah nama kabupaten dan kota yang masuk dalam wilayah Jawa Timur (Jatim) yang dilengkapi dengan peta. Untuk melihat peta setiap kabupaten/kota silahkan ikuti tautan peta tersebut.

Peta Kabupaten Jawa Timur

Di bawah ini adalah daftar nama kabupaten yang termasuk ke dalam wilayah Jawa Timur.

Bangkalan Lumajang Ponorogo
Banyuwangi Madiun Probolinggo
Blitar Magetan Sampang
Bojonegoro Malang Sidoarjo
Bondowoso Mojokerto Situbondo
Gresik Nganjuk Sumenep
Jember Ngawi Trenggalek
Jombang Pacitan Tuban
Kediri Pamekasan Tulungagung
Lamongan Pasuruan

Peta Kota Jawa Timur

Batu Madiun Pasuruan
Blitar Malang Probolinggo
Kediri Mojokerto Surabaya

Artikel terkait

Back to top button