Spasial

Gambar Peta Kalimantan Timur Lengkap dengan Kabupaten dan Kota

Peta Kalimantan Timur – Kalimantan Timur (Kaltim) adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan. Daerah Kalimantan Timur berbatasan langsung dengan Malaysia (bagian barat), Kalimantan Utara (bagian utara), Kalimantan Tengah (bagian barat daya), Kalimantan Selatan (bagian selatan). Sedangkan bagian timur berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi serta Selat Makassar.

Kumpulan Peta Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur (Kaltim)
Peta Kalimantan Timur (Kaltim)
Peta Atlas Provinsi Kalimantan Timur
Peta Atlas Provinsi Kalimantan Timur

Peta Regional

Peta Kalimantan Lainnya

  • Peta Kalimantan
  • Kalimantan Barat
  • Kalimantan Tengah
  • Kalimantan Utara
  • Kalimantan Selatan

Letak Geografis

Kalimantan Timur merupakan salah satu dari 34 provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan bagian timur serta sering kali disebut Kaltim yang beribukota di Samarinda. Konon Kaltim merupakan provinsi yang mempunyai jumlah penduduk terendah di Indonesia dengan luas wilayahnya kurang lebih 129.066,64 km persegi.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Dahulu, wilayah provinsi ini hampir dipenuhi hutan lebat, yang disebut hutan hujan tropis. Di Kalimantan Timur menyimpan sejarah ketika Nusantara ini belum merdeka, di sana pernah berdiri kerajaan Hindu, adalah Kerajaan Kutai.

Mengenai sejarah Kutai ini dibuktikan dengan adanya peninggalan sejarah prasasti yang berbentuk yupa. Benda peninggalan tersebut di temukan di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Tulisan yang tertera pada Prasasti menggunakan huruf Pallawa berbahasa Sansekerta.

Universitas Widyagama Mahakam Samarinda
Universitas Widyagama Mahakam Samarinda

Terbentuknya Provinsi Kalimantan Timur sebagai wilayah administrasi berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 1956, gubernur yang pertama kali memimpin adalah APT Pranoto. Sedangkan daerah-daerah Tingkat II di wilayah KalTim, terbentuk berdasarkan UU Nomor. 27 Tahun 1959, adalah Tentang Pembentukan Wilayah Tingkat II di Kalimantan.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

Kabupaten dan Kota di Kalimantan Timur

Sampai saat Sejarah Nasional serta Dunia menuliskan ini, wilayah Kaltim dibagi dalam tujuh kabupaten serta tiga kota administratif. Selengkapnya dapat anda lihat pada tabel di bawah ini:

NO. KAB/KOTA
1 Berau
2 Kutai Barat
3 Kutai Kartanegara
4 Kutai Timur
5 Mahakam Ulu
6 Paser
7 Penajam Paser Utara
8 Kota Balikpapan
9 Kota Bontang
10 Kota Samarinda

Geografi Kalimantan Timur

Wilayah Kalimantan Timur yang terdiri dari luas wilayah daratan 127.346,92 km² serta luas pengelolaan laut 25.656 km², terletak antara 113°44′ serta 119°00′ Bujur Timur, serta antara 2°33 ‘Lintang Utara serta 2°25’ Lintang Selatan. Dengan adanya perkembangan serta pemekaran wilayah, Kalimantan Timur yang merupakan provinsi terluas ketiga setelah Papua serta Kalimantan Tengah, dibagi menjadi 7 (tujuh) kabupaten, 3 (tiga) Kota, 107 kecamatan serta 1.032 desa/kelurahan. Tujuh kabupaten tersebut adalah Paser dengan ibu kota Tanah Grogot, Kutai Barat dengan ibu kota Sendawar, Kutai Kartanegara dengan ibu kota Tenggarong, Kutai Timur dengan ibu kota Sangatta, Berau dengan ibu kota Tanjung Redeb, Penajam Paser Utara dengan ibu kota Penajam, serta Mahakam Ulu dengan ibu kota Long Bagun (pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat). Sedangkan tiga Kota adalah Balikpapan, Samarinda, serta Bontang. Kalimantan Timur merupakan salah satu pintu gerbang utama di wilayah Indonesia bagian Timur. Wilayah yang juga dikenal sebagai gudang kayu serta hasil pertambangan ini memiliki ratusan sungai yang tersebar pada hampir seluruh kabupaten/kota serta merupakan sarana angkutan utama di samping angkutan darat, dengan sungai yang terpanjang Sungai Mahakam.

Provinsi Kalimantan Timur terletak di paling timur Pulau Kalimantan. Tepatnya provinsi ini berbatasan langsung dengan Kalimantan Utara di sebelah Utara, Laut Sulawesi serta Selat Makasar di sebelah Timur, Kalimantan Selatan di sebelah Selatan, serta Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah serta Malaysia di sebelah Barat. Daratan Kalimantan Timur tidak terlepas dari perbukitan yang terdapat hampir di seluruh kabupaten. Jumlah danau di provinsi ini juga cukup banyak adalah sekitar 18 buah. Kebanyakan danau-danau tersebut berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan danau yang paling luas adalah Danau Semayang serta Melintang yang masing-masing memiliki luas area 13.000 ha serta 11.000 ha.

Iklim Kalimantan Timur

Seperti iklim wilayah Indonesia pada umumnya, Kalimantan Timur beriklim tropis serta memiliki dua musim adalah musim kemarau serta musim penghujan. Musim kemarau biasanya terjadi pada bulan Mei sampai dengan bulan Oktober, sedang musim penghujan terjadi pada bulan November sampai dengan bulan April. Keadaan ini terus berlangsung setiap tahun yang diselingi dengan musim peralihan pada bulan-bulan tertentu. Selain itu, karena posisinya di wilayah khatulistiwa maka iklim di Kalimantan Timur juga dipengaruhi oleh angin Muson, adalah angin Muson Barat November-April serta angin Muson Timur Mei-Oktober. Namun dalam tahun-tahun terakhir ini, keadaan musim di Kalimantan Timur kadang tidak menentu. Pada bulan-bulan yang semestinya turun hujan dalam kenyataannya tidak ada hujan sama sekali, atau sebaliknya pada bulan-bulan yang semestinya kemarau justru terjadi hujan dengan waktu yang jauh lebih panjang.

Suhu dan kelembaban

Suhu udara suatu tempat ditentukan oleh tinggi serta rendahnya wilayah tersebut dari permukaan laut serta jaraknya dari pantai. Secara umum, Kalimantan Timur beriklim panas dengan suhu pada tahun 2013 berkisar antara 21,6 ⁰C di Berau pada bulan Oktober sampai 35,6 ⁰C di Berau pada bulan September. Rata-rata suhu terendah adalah 22,1⁰C serta tertinggi 35,1⁰C terjadi di Berau. Selain sebagai wilayah tropis dengan hutan yang luas, pada tahun 2013 rata-rata kelembaban udara Kalimantan Timur antara 83-87 persen. Kelembaban udara terendah diamati oleh stasiun meteorologi Samarinda terjadi pada beberapa bulan dengan kelembaban 82 persen. Sedangkan tertinggi terjadi di Berau pada bulan Februari dengan kelembaban 91 persen.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Kalimantan Timur, semoga memberi manfaat.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button