Spasial

Peta Riau Lengkap dengan Kabupaten dan Kota

Peta Riau – Riau merupakan salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang beribukota di Pekanbaru. Posisinya di tengah-tengah namun di tepi pantai Pulau Sumatra. Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi yang kaya, kekayaan wilayah didapat dari sumber daya alam seperti minyak bumi serta gas alam (migas), dari tanaman misalnya dari perkebunan karet, perkebunan kelapa sawit serta perkebunan serat.

Kumpulan Peta Riau

Dapat dilihat pada peta di bawah ini, bahwa Riau terletak di Sumatra bagian tengah namun di bagian pantai timur berbatasan langsung dengan Selat Malaka yang menghubungkan antara Riau dengan Singapura serta Malaysia.

Bagian barat utara berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara, bagian barat dengan Sumatra Barat, serta bagian selatan berbatasan dengan Provinsi Jambi. Di bawah ini dapat anda lihat bagaimana peta Provinsi Riau yang merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia.

Baca juga: Gambar Peta Sumatera Barat Lengkap dengan Nama Kabupaten

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Peta Riau
Peta Riau

Peta Administrasi Riau

Provinsi yang berbatasan dengan Riau

Peta Regional

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda
Peta Atlas Riau
Peta Atlas Riau

Baca juga: Gambar Peta Sulawesi Selatan Lengkap dengan Kabupaten dan Kota

Sejarah Nama Riau

Kenapa dinamakan Riau? Dilansir dari wikipedia, menurut sejarahnya ada 3 pendapat asal mula Riau.

1. Kata Riau berasal dari bahasa Portugis. Adalah: rio yang berarti sungai. Diriwayatkan pada tahun 1514 Protugis mengadakan ekspedisi militer serta menelusuri sepanjang Sungai Siak.

Tujuannya yaitu untuk mencari letak sebuah kerajaan yang mereka yakini berada di sekitar tempat tersebut. Selain itu, ekspedisi tersebut juga dalam rangka mengejar pengikut Sultan Mahmud Syah yang melarikan diri setelah Kerajaan Malaka runtuh.

2. Pendapat yang kedua mengatakan bahwa kata riau berasal dari kata riahi yang artinya air laut. Kata tersebut diduga berasal dari seorang tokoh bernama Sinbad al-Bahar dalam kitab terkenal bertema 1001 malam.

3. Sedangkan pendapat ketiga, kata riau berasal dari bahasa penduduk riau sendiri, adalah rioh/riuh, yang artinya ramai, gaduh seperti orang bekerja.

Dimungkinkan nama riau memang berasal dari bahasa rakyat setempat, adalah orang-orang Melayu yang hidup di wilayah Bintan, namun sekarang telah masuk ke wilayah atau provinsi Kepulauan Riau.

Peta Sumatra Lainnya

  • Aceh
  • Kepulauan Riau
  • Sumatra Selatan
  • Bengkulu
  • Lampung
  • Bangka Belitung
  • Peta Sumatra

Hingga admin menuliskan ini (tahun 2015) Riau dibagi dalam 10 kabupaten serta 4 kota administratif. Buat mempermudah anda membaca petanya, berikut kami cantumkan nama-nama kabupaten serta kota yang ada di Riau.

Kabupaten dan kota di Riau

Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kepulauan Meranti, Kota Bengkalis, Kota Dumai, Kota Duri, Kota Pekanbaru Buat mengetahui lebih jauh mengenai Provinsi Riau, kunjungi situs resminya di: www.riau.go.id

Iklim dan Cuaca

Secara umum Provinsi Riau beriklim tropis basah yang dipengaruhi dua musim, adalah musim penghujan serta musim kemarau. Curah hujan rata- rata yang diterima wilayah Provinsi Riau antara 2.000 – 3.000 mm/ tahun dengan rata-rata hujan per tahun sebanyak 160 hari.

Wilayah yang paling banyak menerima hujan adalah Kabupaten Rokan Hulu serta Kota Pekanbaru. Sementara itu, wilayah yang paling sedikit menerima hujan adalah Kabupaten Siak. Suhu udara rata-rata Provinsi Riau sebesar 25,9°C dengan suhu maksimun mencapai 34,4°C serta suhu minimal mencapai 20,1° C.

Suhu tertinggi terjadi pada wilayah perkotaan di pesisir pantai. Sebaliknya, suhu terendah meliputi wilayah gunung serta pegunungan yang tinggi. Kelembapan udara rata-rata dapat mencapai angka 75%. Sedikit berbeda untuk wilayah kepulauan di wilayah bagian timur dipengaruhi juga sifat-sifat iklim laut.

Pemekaran Provinsi

Sebelum dimekarkan menjadi Provinsi Kepulauan Riau tahun 2002, Provinsi Riau memiliki wilayah seluas 329.867,61 km2 yang terdiri atas 235.306 km2 lautan serta 94.561,61 km2 daratan. Setelah pemekaran luas itu berkurang menjadi 107.932,71 km2 yang meliputi 18.782,56 km2 iautan serta 89.150,15 km2 daratan.

Kabupaten Indragiri Hilir dengan luas 13.798,37 km2 merupakan wilayah administrasi terluas, sedangkan Kota Pekanbaru dengan luas 633,00 km2 menjadi wilayah administrasi terkecil.

Secara administratif Provinsi Riau juga mengalami perubahan. Sebelum, pemekaran, wilayah administrasi Provinsi Riau berjumlah enam belas. Sekarang setelah enam tahun pemekaran provinsi, Provinsi Riau memiliki 12 wilayah administrasi yang terdiri atas 10 kabupaten, 2 kota, 141 kecamatan, serta 1.517 desa/kelurahan.

Tabel Data Daerah

Perhatikan tabel data wilayah Provinsi Riau Tahun 2007 di bawah ini:

Gambar Tabel Data Wilayah Provinsi Riau Tahun 2007
Sumber: Riau Dalam Nomor 2007
Data diolah dari Riau Dalam Nomor 2007 (Riau In Determine 2007) serta UU Nomor 12 Tahun 2009 tentang Pembentukan Kabupaten Kepualauan Meranti. Pemekaran dari Kabupaten Bengkalis

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Riau lengkap dengan nama kabupaten serta kota, semoga menjadi tambahan pengetahuan serta catatan sejarah jikalau suatu saat nanti Provinsi Riau terjadi perubahan atau pemekaran.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button