Spasial

Gambar Peta Sumatera Barat Lengkap dengan Nama Kabupaten

Peta Sumatera Barat – Sumatera Barat merupakan salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra. Buat mengenal lebih jauh tentang Provinsi Sumatera Barat, di sini kami sertakan peta Sumbar lengkap dengan nama kota/kabupaten, gunung, serta pulau. Apabila mau melihatnya lebih jelas silahkan klik gambarnya agar memiliki gambar peta ukuran maksimal. Berikut gambar peta Sumatera Barat

Kumpulan Peta Sumatera Barat

Peta Sumatera Barat
Peta Sumatera Barat

Provinsi yang berbatasan dengan Sumatera Barat

Peta Regional

Peta Atlas Sumatera Barat
Peta Atlas Sumatera Barat

Letak Geografis dan Batas

Peta Sumatra Barat – Sesuai namanya, Sumatra Barat merupakan salah satu provinsi Republik Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra bagian barat dengan ibukotanya Padang. Karena posisinya yang memanjang di pesisir bagian barat Pulau Sumatra, sehingga sebagian wilayahnya bagian berupa pantai.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Daerah Sumatera Barat (Sumbar) hingga ke lepas pantai, beberapa pulau yang berada di sebelah barat pantai antara lain: Kepulauan Mentawai; Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Bagai utara, Pulau Bagai selatan serta beberapa pulau kecil. Sayangnya Sumatera Barat rawan sekali gempa bumi, karena posisinya tepat di patahan bumi Semangko yang merupakan pertemuan antara patahan Eurasia serta Indo-Australia.

Seperti provinsi-provinsi lainnya, Sumatra Barat banyak menyimpan catatan sejarah terutama masa perang kemerdekaan. Salah satunya yang masih terkenal hingga sekarang adalah Perang Padri/Perang Paderi.

Selengkapnya dapat anda baca di artikel sejarah: Terjadinya Perang Padri abad ke-19 Apabila dilihat dari petanya, batas-batas provinsi Sumatra Barat adalah:

Baca juga :  Letak Astronomis, Geografis, dan Geologis Negara Myanmar
-->
  • bagian barat berbatasan dengan Samudera Indonesia/Samudera Hindia
  • bagian utara berbatasan dengan Provinsi Sumatra Utara
  • bagian timur berbatasan dengan Provinsi Riau
  • bagian selatan berbatasan dengan Provinsi Jambi serta Bengkulu

Peta Sumatra Lainnya

Sampai admin menuliskan ini, Sumatera Barat dibagi menjadi 12 kabupaten serta 7 kota administratif. Pada peta Sumbar di atas terlihat titik-titik hitam yang yang menunjukkan nama Kabupaten atau kota yang ada, namun mungkin saja anda kesulitan untuk mencatat satu persatu. Agar lebih jelas disini kami cantumkan nama kabupaten/kota yang ada.

Kabupaten dan Kota

Agam, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kota Padang, Kota Padangpanjang, Kota Pariaman, Kota Payakumbuh, Kota Sawahlunto, Kota Solok   Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Provinsi Sumatra Barat silahkan kunjungi situs resminya di: www.sumbarprov.go.id

Peta Sumatera Barat Melalui Google Map

Peta Sumatera Barat diatas diambil secara langsung melalui satelit google map. Kamu dapat mencari lokasi dimanapun melalui peta tersebut, tinggal klik di kolom pencarian, maka lokasi yang dicari akan ketemu serta dapat menghitung jarak yang ditempuh dari posisi Kamu saat ini. Selain itu, melalui peta diatas Kamu dapat melihat petunjuk arah jalan, jadi jangan khawatir tersesat, yang penting memiliki koneksi internet lancar.

Peta Jalan di Sumatera Barat

Peta Jalan di Sumatera Barat

Peta Sumatera Barat diatas merupakan peta jalan, anda dapat melihat jalan-jalan utama di Sumbar yang menghubungkan antara satu wilayah tertentu dengan wilayah lain baik itu antar kabupaten maupun kota. Peta jalan di Sumatera Barat diatas ditandai dengan garis berwarna merah.

Data lebih lanjut, berikut ini daftar 12 Kabupaten serta 7 kota di Provinsi Sumatera Barat, antara lain :

Baca juga :  Pengertian Peta: Lebih Dekat dengan Geografi dan Teknologi Modern

Daftar Kabupaten di Sumatera Barat :

  1. Kabupaten Agam, luas wilayah 1.804,3 km2.
  2. Kabupaten Dharmasraya, luas wilayah 2.961,13 km2.
  3. Kabupaten Kepulauan Mentawai, luas wilayah 6.011,35 km2.
  4. Kabupaten Lima Puluh Kota, luas wilayah 3.571 km2 .
  5. Kabupaten Padang Pariaman, luas wilayah 1.332,5 km2.
  6. Kabupaten Pasaman, luas wilayah 3.947,63 km2.
  7. Kabupaten Pasaman Barat, luas wilayah 3.887,77 km2.
  8. Kabupaten Pesisir Selatan, luas wilayah 5,749,89 km2.
  9. Kabupaten Sijunjung, luas wilayah 3.130,4 km2.
  10. Kabupaten Solok, luas wilayah 3,738 km2.
  11. Kabupaten Solok Selatan, luas wilayah 3.346 km2.
  12. Kabupaten Tanah Datar, luas wilayah 1.336,1 km2.

Daftar Kota di Sumatera Barat :

  1. Kota Bukittinggi, luas wilayah 25,24 km2.
  2. Kota Padang, luas wilayah 693,66 km3.
  3. Kota Padangpanjang, luas wilayah 23 km2.
  4. Kota Pariaman, luas wilayah 66,13 km2 .
  5. Kota Payakumbuh, luas wilayah 85,22 km2.
  6. Kota Sawahlunto, luas wilayah 231,9 km2.
  7. Kota Solok, luas wilayah 71,29 km2.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Sumatra Barat lengkap dengan 12 nama kabupaten serta kota. Semoga menjadi catatan sejarah di masa yang akan datang.

Tarian Tradisional

Tarian daerah memang tidak dapat lepas dari perhatian ketika kita berbicara tentang kesenian tradisional khas asal Sumatera barat. Karena, tarian itu sendiri memang sering kali dipentaskan di sejumlah acara serta tak jarang pula ada yang sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Seperti tari piring yang umumnya dilakukan oleh sejumlah penari dalam jumlah ganjil, antara 3 – 7 orang. Penarinya pun di campur laki-laki serta perempuan, dan tak jarang pula di lakukan secara berpasangan.

Pada awalnya, tarian tradisional satu ini di buat sebagai ucapan terima kasih dari masyarakat setempat karena hasil panen yang melimpah. Ritualnya pun dilakukan dengan membawa sejumlah sesajen. Namun, ketika agama Islam mulai masuk, maka tarian yang pada awalnya untuk melakukan ritual dialih fungsikan sebagai hiburan semata.

Artikel terkait

Back to top button