Agraria

Cara Mengecek Keaslian Nomor Sertifikat Tanah

Sertifikat tanah menjadi hal penting sebagai tanda bukti kepemilikan serta pengurusan tanah yang Kamu miliki. Buat itu, ketika Kamu baru saja melakukan jual beli tanah, akan lebih baik kalau Kamu melakukan balik nama sertifikat. Selain itu pada saat sudah terjadi pembelian tanah, penting tau cara mengecek keaslian nomor sertifikat tanah untuk memastikan bahwa sertifikat tersebut memang asli. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan.

Langkah Mengecek Keaslian Nomor Sertifikat Tanah

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tahu apakah sertifikat tanah yang Kamu dapatkan tersebut merupakan sertifikat yang asli atau bukan. Kamu dapat melakukan pengecekan baik secara on-line atau langsung sebagai berikut:

1.Datang secara langsung ke kantor BPN

Langkah mengecek keaslian nomor sertifikat tanah yang pertama dapat dilakukan adalah dengan mengeceknya secara langsung ke kantor BPN atau Tubuh Pertanahan Nasional di wilayah setempat.

Nantinya Kamu tinggal mencocokkan nomor yang ada pada sertifikat tanah tersebut dengan peta pendaftaran, surat ukur, daftar tanah hingga buku tanah. Apabila memang nomor sertifikat tanah tersebut cocok atau asli, maka pihak BPN akan memberikan cap atau stempel sebagai tanda bahwa sertifikat tersebut mempunyai nomor yang asli.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Akan tetapi kalau memang contoh nomor sertifikat tanah tersebut tidak cocok dengan knowledge yang ada di BPN, maka BPN akan memberikan pengajuan pada pemohon yang bertujuan untuk memastikan keasliannya menggunakan plotting tanah atau GPS.

2. Menggunakan aplikasi BPN Go Mobile

Langkah mengecek keaslian nomor sertifikat tanah juga dapat Kamu lakukan tanpa harus datang secara langsung ke kantor BPN. Aplikasi yang berbasis android ini sudah banyak tersedia untuk kota-kota besar. Sehingga Kamu dapat lebih mudah ketika melakukan pengecekan nomor sertifikat tanah.

3. Menggunakan website BPN

Web site BPN juga dapat digunakan sebagai cara mengecek keaslian nomor sertifikat tanah. Dalam situs ini juga mempunyai fitur lainnya yang berhubungan dengan pertanahan seperti jangka waktu, persyaratan, proses penyelesaian, biaya layanan hingga data mengenai berkas permohonan.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

4. Menggunakan aplikasi Sentuh Tanahku

Langkah mengecek keaslian nomor sertifikat tanah yang terakhir dapat menggunakan aplikasi bernama Sentuh Tanahku. Buat aplikasi ini tidak hanya berbasis android saja, melainkan juga sudah dapat digunakan untuk iOS. Dalam aplikasi ini tersedia beberapa fitur seperti plot bidang tanah, data berkas, notifikasi, lokasi bidang tanah, data sertifikat serta data layanan.

Buat tahu cara cek nomor sertifikat tanah dapat dilakukan dengan login terlebih dulu pada aplikasi tersebut. Sesudah itu pilih “info sertifikat”. Nantinya akan muncul knowledge mengenai sertifikat tanah milik Kamu. Namun kalau tidak ada data yang keluar maka kemungkinan tanah tersebut masih belum didaftarkan pada BPN.

Selain untuk mengecek keaslian sertifikat tanah, aplikasi tersebut juga dapat mengecek mengenai bagaimana proses pembuatan sertifikat tanah Kamu pada bagian “data berkas”. Sehingga Kamu dapat memantau apakah sertifikat tanah tersebut sudah selesai dibikin atau belum.

Dimana Letak Nomor Sertifikat Tanah?

Nomor sertifikat merupakan bagian yang juga penting pada sertifikat tanah. Namun terkadang masih banyak orang yang tidak tahu mengenai dimana letak nomor sertifikat tanah tersebut. Letak nomor sertifikat tanah dapat Kamu temukan pada bagian bawah lembar sertifikat.

Nomor tersebut dituliskan cocok dengan urutan serta juga sistem khusus dimana setiap nomornya mempunyai data tertentu. Sedangkan untuk nomor hak dapat dilihat dibagian bawah gambar burung garuda untuk SHM serta SHGB.

Sesudah itu untuk cara melihat nomor sertifikat nomor persil di sertifikat tanah ada di bagian pojok kanan bawah lembar halaman sampul serta sertifikat isi tanah.

Demikian adalah artikel mengenai cara mengecek keaslian nomor sertifikat tanah yang dapat Kamu lakukan dengan mudah.


Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button