Tanya Jawab

Apa yang Dimaksud Dengan Lingkungan Alam

Lingkungan alam adalah lingkungan yang terbentuk dari proses natural tanpa campur tangan manusia. Dalam hal ini yang dimaksud seperti pegunungan, sungai, hutan, serta rawa. Lingkungan sendiri sebenarnya dapat diartikan juga sebagai sesuatu yang ada di sekitar kita.

Melansir dari laman New World Encyclopedia, daerah alam terdiri dari unsur biotik serta abiotik yang terbentuk melalui proses natural. Unsur biotik sendiri adalah unsur yang hidup sedangkan abiotik adalah unsur tidak hidup.

Contoh unsur biotik dalam daerah alam adalah hewan, tumbuhan, serta mikroorganisme. Contoh unsur abiotik dalam daerah alam adalah air, tanah, udara, angin, serta sinar matahari.

Lingkungan Alam

Lingkungan alam sendiri terbagi menjadi dua, yakni daerah darat serta daerah air. Keduanya sama-sama tercipta secara natural. Lingkungan darat berada di darat sedangkan daerah air berada di air.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Sebagai contoh nyata, saat kita berjalan-jalan ke kebun binatang dapat dibilang kalau tempat tersebut merupakan lingkungan buatan. Sedangkan habitat harimau di hutan adalah lingkungan alami. Sesudah itu ikan yang ada di akuarium rumah berada di lingkungan buatan. Sedangkan ikan di danau atau laut berada di lingkungan alam.

1. Lingkungan Daratan

Kawasan daratan adalah daerah yang berada di daratan. Hal ini meliputi wilayah pegunungan, bukit, padang rumput, padang pasir, lembah, serta hutan.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

2. Lingkungan Air

Diketahui kalau daerah air mencakup 71% permukaan bumi serta terbagi menjadi 3,5% daerah air tawar serta 96,5% daerah air asin.

Lingkungan air tawar mencakup danau, rawa, sungai, air terjun, jeram, serta oasis. Sedangkan daerah air asin mencakup danau air asin, laut, selat, palung, gletser, serta lapisan salju permanen.

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button