Spasial

Kondisi Geografi Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta

Kondisi Geografis Pulau Suawesi Berdasarkan Peta – Pulau Sulawesi adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia. Pulau ini terkenal akan fauna endemik seperti anoa, maleo, tarsius, babirusa dan lain sebagainya. Selain itu, berbagai peninggalan prasejarah juga ada di Sulawesi seperti lukisan yang ditemukan di Goa Maros-Pangkep yang disebut sebagai lukisan purbakala tertua di dunia. Luas Pulau Sulawesi kurang lebih 172.000 kilometer persegi.
Mari kita mengenal lebih jauh Pulau Sulawesi dan kondisi geografisnya berdasarkan peta menurut buku Ayo Mengenal Indonesia: Sulawesi oleh Tri Yulianto.

Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta

Perbatasan Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi di sebelah barat berbatasan dengan Pulau Kalimantan. Di sebelah timur berbatasan dengan Kepulauan Maluku. Di sebelah selatan berbatasan dengan Kepulauan Nusa Tenggara. Di sebelah utara berbatasan dengan Kepulauan Filipina.

Laut, Selat dan Teluk di sekitar Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi dikelilingi beberapa laut. selat dan teluk yaitu Selat Makassar yang terletak di sebelah barat, yang memisahkan dengan Pulau Kalimantan. Di sebelah utara terletak Lau Sulawesi yang memisahkannya dengan Kepulauan Filipina kemudian ada Laut Maluku yang memisahkannya dengan Maluku Utara.
Teluk-teluk yang besar dan dalam antara lain Teluk Bone, Teluk Tolo dan Teluk Tomini atau Teluk Gorontalo, dan disatukan pada bagian tengahnya sehingga dalam peta Pulau Sulawesi terlihat mempunyai bentuk yang khas seperti huruf K.

Kepulauan di Sekeliling Pulau Sulawesi

Beberapa pulau yang berada di sekeliling Pulau Sulawesi antara lain Pulau Selayar, Pulau Buton, Pulau Muna, Pulau Wowoni, Pulau Kabaena, Pulau Peleng, Pulau Sangihe dan Pulau Karakelong.

Pegunungan dan Gunung di Pulau Sulawesi

Sedangkan Pegunungan dan gunung-gunung yang berada di Pulau Sulawesi antara lain
Pegunungan Takolekayu, Pegunungan Fennema, Pegunungan Verbeek, Quares, Pompangeo, Tangkeleboke, Matarombea, Borboro, Palele, Dapi, Utilembu, Loba, Kabila, Sinandaka dan Buludawa.
Gunung-gunungnya antara lain Gunung Lompobatang, Gunung Rantekombala, Gunung Rantemario, Gunung Klabat, Gunung Aruan dan Gunung Balease.

Danau di Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi juga memiliki danau yaitu, Danau Towuti, Danau Matana, Danau Poso, Danau Tempe, Danau Tondano, Danau Limboto dan lain-lain.
Sekian penjelasan mengenai kondisi geografis Pulau Sulawesi berdasarkan peta. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button