Tata Ruang

Beredar Wacana Provinsi Jawa Utara, Ibu Kotanya di Kudus

Sebuah video yang menyebut soal rencana pemekaran Provinsi Jawa Utara atau Muria Raya tengah viral di media sosial. Pemekaran Provinsi Jawa Utara itu disebut beribu kota di Kudus.
Video viral di media sosial berdurasi 25 detik. Video tersebut diunggah di akun Instagram @seputarpurwodadi.

Pada video itu dijelaskan Provinsi Jawa Utara meliputi wilayah di eks Pati, meliputi Jepara, Kudus, Grobogan, Pati, Rembang, dan Blora. Dijelaskan pula ibu kota Provinsi Jawa Utara berada di Kudus.

“Ada rencana pemekaran provinsi di Pulau Jawa. Salah satunya Provinsi Jawa Utara, wilayahnya mencakup Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kabupaten Jepara, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Blora. Bagaimana menurut kalian?” tulis akun tersebut seperti dilihat detikJateng, Jumat (11/2/2022).

Postingan pada dua hari lalu itu siang ini sudah mendapatkan ratusan kali tayang, suka, dan komentar. Menanggapi hal tersebut Bupati Kudus HM Hartopo bicara soal wilayah Provinsi Jawa Tengah yang dinilainya terlalu luas.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

“Itu mungkin lebih mengefektifkan cara untuk wilayah, mungkin di Jawa Tengah ini terlalu luas, ada 35 kota/kabupaten,” kata Hartopo kepada wartawan ditemui di Command Center Pendapa Kudus siang ini.

“Harapannya kalau memang ada pemekaran provinsi ada tiga lagi, kira-kira pandangan saya bisa lebih efektif lah,” sambung dia.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button