BencanaKliping

Dinas LH Angkut 1.200 Ton Sampah yang Dibawa Banjir Kiriman dari Bogor

Alat berat disiagakan untuk mengangkut sampah kiriman yang menumpuk di Pintu Air Manggarai. Foto diambil Senin (5/2/2018) kemarin.(Kompas.com/David Oliver Purba)
Alat berat disiagakan untuk mengangkut sampah kiriman yang menumpuk di Pintu Air Manggarai. Foto diambil Senin (5/2/2018) kemarin.(Kompas.com/David Oliver Purba)

JAKARTA, KOMPAS.com – Air kiriman dari Bogor, Jawa Barat, tak hanya membuat sejumlah daerah di Jakarta dilanda banjir. Banjir itu juga membawa ratusan ton sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, sejak Senin (5/2/2018) kemarin hingga Selasa pagi ini pihaknya telah mengangkut 1.200 ton sampah di tiga lokasi yakni, pintu air Manggarai, Kanal Banjir Barat (KBB) di dekat Season City, dan di Jembatan Kampung Melayu.

Sebagian besar sampah berupa kayu dan bambu.

“Hingga pukul 23.42 WIB (Senin malam saya masih pantau di lokasi. Pembersihan sampah kiriman di sungai Ciliwung tersangkut di Jembatan Kampung Melayu, ada di KBB Season City, ada juga di Manggarai. Khusus pagi ini sudah ada 101 ritasi atau 950 ton sampah yang sebagian besar batang pohon dan bambu,” ujar Adji saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/2/2018).

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Baca juga : Antisipasi Banjir Kiriman, Lima Pintu Air Dibuka di Manggarai

Ia mengatakan, pihaknya telah mengerahkan sejumlah alat berat untuk mengangkut sampah yang terus mengalir di aliran Ciliwung. Instansinya juga menyiagakan seluruh petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) di 23 saringan sampah se-Jakarta.

“Kami persiapkan piket di 23 titik saringan sampah se-Jakarta dan siagakan pasukan oranye. Pemantauan juga dilaksanakan di Command Centre Dinas LH di Cililitan,” ujar Adji.

Sejumlah wilayah di Jakarta yang terendam banjir diantaranya, Kampung Pulo, Rawajati, dan Pejaten Timur.

Baca juga :  Sempat Dipenuhi Sampah, Sumarsono Klaim Kali Gendong Kini Bersih

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button